VINKA TRIANI, 126306202107 (2024) EFEKTIVITAS SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MORAL ANAK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPQ) BUSTANUL 'ULUM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Efektivitas Sosiodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Moral Anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Bustanul ‘Ulum” yang ditulis oleh Vinka Triani, dengan NIM 126306202107, Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Dosen Pembimbing Febranti Putri Navion, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku moral anak di TPQ Bustanul ‘Ulum sebelum diberikan sebuah perlakuan menggunakan kegiatan sosiodrama pada anak usia 10-13 tahun dan untuk mengetahui efektivitas sosiodrama untuk meningkatkan perilaku moral anak di TPQ Bustanul ‘Ulum. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif eksperimental semu dengan menggunakan desain penelitian kuasi eksperimental yaitu one group pre test – post test design pada populasi sebanyak 70 anak di TPQ Bustanul ‘Ulum. Pada proses pengambilan sampel menggunakan teknik non-probabilty sampling tepatnya yaitu menggunakan teknik purposive sampling dan diketahui terdapat 30 anak yang memenuhi kriteria penelitian untuk dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat perilaku moral anak di TPQ Bustanul ‘Ulum terdapat 7 anak kategori sangat rendah, 8 anak dalam kategori rendah, 12 anak termasuk dalam kategori tinggi, dan 3 anak kategori sangat tinggi. 2) Berdasarkan hasil uji paired sample test pada skor pre-test dan post-test perilaku moral anak terdapat perubahan yang signifikan yaitu nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti bahwa diketahui adanya perubahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan kegiatan sosiodrama. Pada hasil uji N-Gain Score yang bernilai 63,34% telah menunjukkan bahwa terdapat adanya peningkatan perilaku moral anak dengan kriteria (cukup efektif). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H1 diterima yakni metode sosiodrama dapat meningkatkan perilaku moral anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Butanul ‘Ulum.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306202107 VINKA TRIANI |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:34 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53154 |
Actions (login required)
View Item |