TINDAK TUTUR EKSPRESIF SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI RAKYAT DAN RELEVANSINYA PADA MATA KULIAH SOSIOLINGUISTIK

SAYIDATI INDAH NUR ALFIYAH, 126210201013 (2024) TINDAK TUTUR EKSPRESIF SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS PUISI RAKYAT DAN RELEVANSINYA PADA MATA KULIAH SOSIOLINGUISTIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Tindak Tutur Ekspresif Guru SMP Muallimin Wonodadi Blitar dalam Pembelajaran Teks Puisi Rakyat dan Relevansinya pada Mata Kuliah Sosiolinguistik” ini ditulis oleh Sayidati Indah Nur Alfiyah, NIM 126210201013, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci: Tindak tutur ekspresif, pembelajaran teks puisi rakyat, perkuliahan sosiolinguistik Tindak tutur ekspresif merupakan aspek penting yang digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur ekspresif yang dituturkan oleh guru terhadap siswa dalam setiap pembelajaran. Tuturan ekspresif guru di SMP Muallimin Wonodadi Blitar bisa mempengaruhi proses belajar siswa yang menjadikan siswa lebih santun dan aktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif guru terhadap siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar dalam Pembelajaran Teks Puisi Rakyat. (2) Mengetahui relevansi hasil penelitian dengan mata kuliah Sosiolinguistik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif berjenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Searle terkait tindak tutur. Objek dalam penelitian ini adalah tuturan guru terhadap siswa dalam pembelajaran teks puisi rakyat di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik rekam cacat, dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah data yang terkumpul yaitu adanya (1) bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif sebanyak 43 data tuturan, yaitu tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat 3 tuturan, tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih 5 tuturan, tindak tutur ekspresif menyindir 2 tuturan, tindak tutur ekspresif mengeluh 4 tuturan, tindak tutur ekspresif meminta tolong 4 tuturan, tindak tutur memberi pujian 5 tuturan, tindak tutur ekspresif meminta maaf 6 tuturan, tindak tutur ekspresif mengkritik 14 tuturan dan (2) penelitian terkait bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif yang telah dipaparkan di atas memiliki relevansi dengan mata kuliah Sosiolinguistik yaitu pada materi bahasa dan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210201013 SAYIDATI INDAH NUR ALFIYAH
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:36
Last Modified: 17 Sep 2024 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53279

Actions (login required)

View Item View Item