NILAI BUDAYA DALAM SASTRA LISAN LEGENDA GUNUNG KELUD KABUPATEN BLITAR SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTS

EVA NINDI SETIYO LESTARI, 126210202069 (2024) NILAI BUDAYA DALAM SASTRA LISAN LEGENDA GUNUNG KELUD KABUPATEN BLITAR SERTA RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MTS. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Nilai Budaya Dalam Sastra Lisan Legenda Gunung Kelud Kabupaten Blitar serta Relevansinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MTs " ditulis oleh Eva Nindi Setiyo Lestari, NIM. 126210202069, pembimbing Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd. Kata Kunci: Legenda, Nilai Budaya, Sastra Lisan Sastra lisan merupakan sastra warisan leluhur atau nenek moyang yang keberadaannya semakin sirna seiring dengan berjalannya waktu. Diperlukan adanya pelestarian sastra lisan untuk mempertahankan warisan budaya nenek moyang. Salah satu upaya mempertahankan warisan sastra lisan dapat dilakukan melalui pembelajaran. Melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengenalan sastra lisan mengenai legenda Gunung Kelud. Selain itu penelitian ini juga dapat dimanfaatkan sebagai materi pembelajaran Bahasa Indonesia di jenjang Sekolah Menengah Pertama kelas VII. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai-nilai budata yang terkandung dalam legenda Gunung Kelud dalam sastra lisan, (2) mendeskripsikan nilai-nilai budaya dalam legenda Gunung Kelud terhadap pembelajaran teks legenda. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan fooklor lisan. Sumber data diperoleh dari narasumber dan arsip data, dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini ditemukan nilai-nilai budaya dalam legenda Gunung Kelud yaitu, (1) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan, (2) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam, (3) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan masyarakat, (4) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan manusia, (5) nilai budaya dalam hubungan manusia dengan diri sendiri. Secara teoris manfaat penelitian ini adalah menyediakan informasi tentang nilai budaya yang terkandung dalam legenda Gunung Kelud. Pemanfaatan sastra lisan Gunung Kelud dapat digunakan sebagai alternatif materi pembelajaran di sekolah, digunakan guru sebagai variasi pembelajaran. Melalui pengenalan Sastra daerah di sekolah dapat digunakan sebagai pengembang legenda lisan dan mengenalkan budaya kepada siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202069 EVA NINDI SETIYO LESTARI
Date Deposited: 22 Sep 2024 06:54
Last Modified: 22 Sep 2024 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53476

Actions (login required)

View Item View Item