PENGARUH PERFEKSIONISME TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA KELAS UNGGULAN DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG

MIRZA YUNINGRUM SALSABILLA, 12308193134 (2024) PENGARUH PERFEKSIONISME TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA KELAS UNGGULAN DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada fenomena dimana siswa kelas unggulan harus mampu memenuhi tuntutan tugas akademik dan berupaya untuk mencapai hasil yang baik meskipun dalam situasi penuh tekanan, kemampuan ini disebut sebagai resiliensi akademik. Siswa kelas unggulan biasa disebut sebagai siswa cerdas istimewa berbakat istimewa. Perfeksionisme lebih banyak ditemui pada remaja cerdas istimewa bakat istimewa. Perfeksionisme (positif) seorang siswa dapat menjadi salah satu predictor resiliensi akademik, namun perfeksionisme yang negative dikaitkan dengan perilaku yang bersifat maladaptive, seperti resiliensi yang rendah, kecemasan, dan prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perfeksionisme terhadap resiliensi akademik pada siswa kelas unggulan di MTsN 4 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas unggulan di MTsN 4 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, yaitu seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Saat penelitian dilakukan, didapatkan sampel berjumlah 107 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner skala perfeksionisme CAPS (Child-Adolenscent Perfectionism Scale) dan skala resiliensi akademik (ARS). Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perfeksionisme terhadap resiliensi akademik pada siswa kelas unggulan di MTsN 4 Tulungagung, dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,515 dan tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti berpengaruh positif dan signifikan. Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.266, artinya besaran pengaruh perfeksionisme terhadap resiliensi akademik adalah 26,6%. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat perfeksionisme siswa maka resiliensi akademiknya semakin meningkat juga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193134 MIRZA YUNINGRUM SALSABILLA
Date Deposited: 24 Sep 2024 08:52
Last Modified: 24 Sep 2024 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53496

Actions (login required)

View Item View Item