NURUL AZIZAH QOTRUN NADA, 126205203239 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP KEAKTIFAN DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MI AL-MAARIF MARGOMULYO 1 BLITAR. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
Text
COVER.pdf Download (787kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (502kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (427kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Powerpoint terhadap Keaktifan dan Minat Belajar Siswa kelas V pada Mata Pelajaran Fikih MI Al-Ma’arif 01 Margomulyo Blitar” ini ditulis oleh Nurul Azizah Qotrun Nada, NIM. 126205203239 dengan pembimbing ibu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata kunci : Problem Based Learning, Keaktifan belajar, Minat belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media powerpoint terhadap keaktifan dan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini untuk menguji kembali teori keaktifan oleh Sudjana dan teori Minat oleh slameto. Mengingat model pembelajaran sangat berdampak pada hasil pembelajaran. Terutama pada mata pelajaran Fiqih yang dinilai sebagai ilmu dasar ibadah yang dapat membentuk pondasi keagamaan siswa sehingga penting bagi anak usia sekolah dasar untuk mewujudkan anak yang beriman dan berbudi pekerti luhur dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media powerpoint terhadap keaktifan belajar, minat belajar, dan pengaruh dari keaktifan dan minat belajar siswa pada pelajaran fiqih MI Al-Maarif Margomulyo Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media powerpoint terhadap keaktifan belajar, minat belajar, dan pengaruh dari keaktifan dan minat belajar siswa pada pelajaran fiqih MI Al-Maarif Margomulyo Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalm penelitian ini berjumlah 39 siswa/I kelas V di MI AL-MA’ARIF 01 Margomulyo Blitar yang diperoleh dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket dan dokumentasi. Instrument penelitian berupa angket untuk mengukur keaktifan dan minat belajar siswa . instrument penelitian dikatakan valid apabila telah melalui uji validitas dan reliabilitas. teknik analisis hipotesis menggunakan Uji independent sampel t-tes dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Powerpoint berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas V di MI AL-MA’ARIF 01 Margomulyo Blitar. Berdasarkan pada uji t yang telah dilakukan menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,012. hasil ini menunjukkan bahwa 0,012 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Powerpoint berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas V di MI AL-MA’ARIF 01 Margomulyo Blitar. Berdasarkan pada uji t enunjukkan sig. (2-tailed) sebesar 0,024. Hasil menunjukkan bahwa 0,024 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Powerpoint berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa kelas V di MI AL-MA’ARIF 01 Margomulyo Blitar. Hasil uji manova menunjukkan 0,000 < 0,05. Berdasarkan kriteria pada pengambilan keputusan 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203239 NURUL AZIZAH QOTRUN NADA |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:27 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53672 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
View Item |