PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII MTsN 5 BLITAR DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

FILAKHI IBAITI FINANI, 1880512220023 (2024) PROSES BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VII MTsN 5 BLITAR DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (524kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Proses Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Bangun Ruang Kelas VII MTsN 5 Blitar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa” ini ditulis oleh Filakhi Ibaiti Finani, NIM. 1880512220023, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd., Dr. Maryono, M.Pd Kata kunci: Proses Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah, Kecerdasan Logis Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang. Pada studi awal ditemukan hampir seluruh siswa tidak mampu memecahkan masalah materi bangun ruang sisi datar. Siswa hanya dapat memahami masalah dan menghubungkannya dengan yang diketahui, serta hanya beberapa siswa yang mampu menentukan strategi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah. Dalam proses berpikir reflektif juga diperlukan kecerdasan logis matematis yang dimana hal ini membantu siswa dalam menghitung dan menganalisis permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang, (2)Untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang, (3)Untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan berlokasi di MTsN 5 Blitar. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa yang berasal dari kelas VII F. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kecerdasan logis matematis, tes berpikir reflektif dengan think aloud dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah Creswell. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil analisis data dari penelitian ini adalah (1) Proses berpikir reflektif siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dalam emecahkan masalah atematika materi bangun ruang sisi datar memenuhi seluruh indikator berpikir reflektif yaitu reacting, comparing/elaborating dan contemplating. (2) Proses berpikir reflektif siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang dalam memecahkan masalah matematika materi bangun ruang sisi datar memenuhi dua indikator berpikir reflektif yaitu reacting dan comparing/contemplating. (3) Proses berpikir reflektif siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah dalam memecahkan masalah matematika dalam memecahkan materi bangun ruang sisi datar memenuhi satu indikator berpikir reflektif yaitu reacting.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Matematika > Ruang
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 1880512220023 FILAKHI IBAITI FINANI
Date Deposited: 27 Sep 2024 04:33
Last Modified: 27 Sep 2024 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53737

Actions (login required)

View Item View Item