IMPLEMENTASI KEGIATAN APEL PAGI DALAM MEWUJUDKAN KESIAPAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA PLUS KARTINI PAKISREJO

RATNA SULISTYO RINI, 126206202053 (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN APEL PAGI DALAM MEWUJUDKAN KESIAPAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA PLUS KARTINI PAKISREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Implementasi Kegiatan Apel Pagi dalam Mewujudkan Kesiapan Belajar Anak Usia Dini di RA Plus Kartini Pakisrejo" ini ditulis oleh Ratna Sulistyo Rini, NIM 126206202053, Pembimbing: Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Apel Pagi, Kesiapan Belajar, Anak Usia Dini Penelitian ini dilakukan di RA Plus Kartini Pakisrejo didasarkan pada konteks penelitian tentang fenomena mengenai penerapan kegiatan apel pagi dalam mewujudkan kesiapan belajar anak usia dini. Penting membangun kesiapan belajar pada anak usia dini karena kesiapan belajar merupakan fondasi awal kegiatan pembelajaran. Kesiapan belajar anak usia dini yang kurang akan mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karena itu semakin baik kesiapan anak untuk belajar, maka akan semakin baik pula proses belajarnya. Melalui penerapan kegiatan apel pagi pendidik RA Plus Kartini Pakisrejo mewujudkan kesiapaan belajar anak yang dapat memaksimalkan hasil belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan kegiatan apel pagi dalam mewujudkan kesiapan belajar anak usia dini, 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan apel pagi dalam mewujudkan kesiapan belajar anak usia dini, 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan apel pagi dalam mewujudkan kesiapan belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan hadir secara langsung ke lembaga. Hasil penelitian ini: 1. Kegiatan apel pagi memerlukan perencanaan meskipun bukan merupakan kegiatan inti pembelajaran. Langkah-langkah perencanaan kegiatan apel pagi di RA Plus Kartini Pakisrejo antara lain: merumuskan tujuan kegiatan apel pagi, bentuk kegiatan apel pagi, menentukan orang-orang yang terlibat, menyiapkan materi, menyiapkan sarana prasarana, penjadwalan kegiatan, dan sosialisasi kegiatan terhadap wali siswa. 2. Pelaksanaan apel pagi dalam mewujudkan kesiapan belajar anak termuat dalam berbagai kegiatan antara lain: kegiatan baris-berbaris, menyanyikan lagu wajib nasional, hafalan asmaul husna, ice breaking berbasis yel-yel, gerak dan lagu, serta game fisik motorik. 3. Evaluasi kegiatan apel pagi dilakukan untuk mengetahui efektivitas kegiatan apel pagi yang telah dilaksanakan. Kegiatan apel pagi dapat menumbuhkan kesiapan belajar pada anak usia dini di RA Plus Kartini Pakisrejo ditandai dengan fisik yang sehat dan bugar, suasana hati yang gembira, dan mampu merespons dengan baik segala rangsangan yang diberikan pada anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206202053 RATNA SULISTYO RINI
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:29
Last Modified: 01 Oct 2024 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53799

Actions (login required)

View Item View Item