ATIKA ISLAFIYATUR ROHMAH, 12208183054 (2023) ANALISIS STRATEGI GURU BIOLOGI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI MA MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
||
Text
BAB v.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas XI di MA Ma’Arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Atika Islafiyatur Rohmah, NIM 12208183054 Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas IslamNegeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Strategi, Motivasi belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar Biologi peserta didik dalam lingkup Madrasah unggul berprestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yakni peranan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Terkait bagaimana strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam merancang dan mengemas sebuah pembelajaran agar menumbuhkan motivasi siswa sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna. Karena pelajaran biologi akan menjadi pelajaran yang mudah dipahami apabila guru dapat menumbuhkan motivasi dan menyenangkan bagi peserta didik. Maka dari itu, di MA Ma’Arif Udanawu Blitar menerapkan strategi yang dapat menumbuhkan motivasi belajar biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui perencanaan strategi guru Biologi dalam memotivasi belajar siswa di MA Ma’Arif Udanawu Blitar. (2) Mengetahui pelaksanaan strategi guru Biologi dalam memotivasi belajar siswa di MA Ma’Arif Udanawu Blitar. (3) Mengetahui evaluasi strategi guru Biologi dalam memotivasi belajar siswa di MA Ma’Arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di MA Ma’Arif Udanawu Blitar. Sumber data berasal dari guru mata pelajaran dan beberapa siswa kelas XI dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi : (1) Perencanaan strategi guru diawali dengan menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP. Menyiapkan media pembelajaran berupa buku cetak, PPT, poster dan alat peraga. (2) Pelaksanaan strategi guru biologi dalam memotivasi siswa kelas XI di MA Ma’Arif Udanawu Blitar dilakukan dalam pembelajaran tatak muka terbatas 50% sesi 1 dan 50% sesi 2 dengan 4 rangkaian yang berkesinambungan yaitu : Apresiasi, Movitasi, Refleksi dan Konfirmasi. Pada pelaksanaan pembelajaran guru melakukan pendekatan kepada siswa sehingga membuat ruang yang nyaman bagi siswa untuk belajar. (3) Evaluasi Strategi guru dalam memotivasi belajar siswa dilakukan dalam bentuk ulangan setiap selesai pembahasan p
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183054 ATIKA ISLAFIYATUR ROHMAH |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 05:26 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 05:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53839 |
Actions (login required)
View Item |