MENGEMBANGKAN BAHASA PADA ANAK DENGAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA POP UP

YUNITA SETYANI, 12206183100 (2023) MENGEMBANGKAN BAHASA PADA ANAK DENGAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA POP UP. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB_VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Mengembangkan Bahasa Pada Anak Dengan Bercerita Menggunakan Media Pop Up” ini ditulis oleh Yunita Setyani, NIM. 12206183100, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, dibimbing oleh Syaifudin Zuhri, M. A. Kata kunci: Mengembangkan Bahasa, Bercerita, Media Pop Up. Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak yang mengalami keterlambatan pengembangan bahasa, sehingga anak tidak dapat berkomunikasi dengan baik, fenomena ini dapat dipicu dari orang tua yang kurang mengajak anak berkomunikasi, kurangnya stimulus dari keluarga maupun lingkungan sekitar. Masa golden age pada anak sangat mudah sekali menirukan apa yang dilihat dan didengar. Dengan adanya fenomena ini dan beberapa faktor yang mempengaruhi, peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi pendidik dalam Mengembangkan Bahasa Pada Anak Usia (5-6 Tahun) Dengan Bercerita Menggunakan Media Pop Up. Fokus penelitian ini adalah, (1) Bagaimanakah Perencanaan Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dengan Bercerita Menggunakan Media Pop Up di TK Dharma Wanita Tawing, Gondang. (2) Bagaimanakah Pelaksanaan Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dengan Bercerita Menggunakan Media Pop Up di TK Dharma Wanita Tawing, Gondang, (3) Bagaimanakah Evaluasi Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dengan Bercerita Menggunakan Media Pop Up di TK Dharma Wanita Tawing, Gondang. Tujuan Penelitian ini adalah, (1) Untuk Mendiskripsikan Perencanaan Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dengan Bercerita Menggunakan Media Pop Up di TK Dharma Wanita Tawing, Gondang. (2) Untuk Mendiskripsikan Pelaksanaan Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dengan Bercerita Menggunakan Media Pop Up di TK Dharma Wanita Tawing, Gondang. (3) Untuk Mendiskripsikan Evaluasi Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Dengan Bercerita Menggunakan Media Pop Up di TK Dharma Wanita Tawing, Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penyusunan penelitian ini peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsaan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan guru dalam mengenbangkan bahasa anak dengan bercerita menggunakan media pop up diawali dengan pendidik yang sudah menyiapkan Perencanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dirancang secara bersama-sama untuk mengembangan bahasa pada anak. (2) Pelaksanaan guru dalam mengambangkan bahasa anak dengan bercerita menggunakan media pop up meliputi pendidik menjelaskan tema yang digunakan pada awal pembelajaran, tanya jawab untuk membangun komunikasi dengan anak, pembiasaan dengan anak yang bercerita tentang yang dialami, bercerita dengan media sesuai tema, dan pemberian reward. Pendidik juga mengajak anak untuk bercerita ulang cerita yang sudah dibacakan. (3) Evaluasi guru dalam mengembangkan bahasa anak dengan bercerita menggunakan media pop up pada evalusi ini guru akan bertanya isi cerita dan tokoh yang ada didalam cerita untuk mengetahui anak yang fokus dalam mendengarkan dan memahami cerita. Melalui evaluasi pendidik dapat melihat hasil capaian anak dalam perkembangan bahasa setiap harinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183100 YUNITA SETYANI
Date Deposited: 04 Oct 2024 05:36
Last Modified: 04 Oct 2024 05:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53858

Actions (login required)

View Item View Item