The Influence of Brand Ambassadors and Promotions on Purchase Decisions Through Brand Image as an Intervening Variable in Tokopedia E-Marketplace in East Java

Dr. Ali Mauludi AC, MA, 197205012009011005 and Nik Haryanti, - and IN'AM NABILA KLISTY PUTRI, 12405183174 (2023) The Influence of Brand Ambassadors and Promotions on Purchase Decisions Through Brand Image as an Intervening Variable in Tokopedia E-Marketplace in East Java. International Journal of Social Science and Business, 7 (3). pp. 713-724. ISSN 2614-6533

[img]
Preview
Text
jurnal sinta 2 ali dan nik har.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia pada tahun 2019, yang menempatkan negara ini sebagai pemimpin dengan pertumbuhan 78%, diikuti oleh Meksiko dengan 59%. Dalam konteks ini, beberapa faktor menjadi perhatian, termasuk peran brand ambassador, promosi, dan citra merek. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh langsung dan tidak langsung dari brand ambassador dan promosi terhadap keputusan pembelian melalui variabel intervening, yaitu brand image, khususnya pada platform e-marketplace Tokopedia di wilayah Jawa Timur, Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi e-marketplace Tokopedia di wilayah Jawa Timur, dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data primer dilakukan melalui penyebaran kuesioner melalui berbagai media sosial. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil utama penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen melalui brand image di platform e-marketplace Tokopedia. Brand ambassador yang memiliki kredibilitas dan pengaruh yang kuat dapat membantu membangun persepsi positif konsumen terhadap merek dan produk yang diwakilinya. Sementara itu, promosi juga memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan menyediakan penawaran khusus dan insentif lainnya. Hasil penelitian ini memberikan wawasan baru bagi perusahaan e-commerce dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan kepuasan konsumen dan pertumbuhan bisnis di era digital saat ini.

Item Type: Article
Subjects: Artikel Dosen
Ekonomi > E-Commerce
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: 197205012009011005 Dr. Ali Mauludi AC. MA
Date Deposited: 04 Oct 2024 00:53
Last Modified: 04 Oct 2024 00:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53904

Actions (login required)

View Item View Item