SHOLIKHATUS DWI WAHYUNI NUGROHO PUTRI, 12208173054 (2023) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI MIPA DI SMAN 7 KOTA KEDIRI (Faktor Kesulitan Belajar Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MIPA SMAN 7 Kota Kediri). [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI MIPA di SMAN 7 Kota Kediri” ditulis oleh Sholikhatus Dwi Wahyuni Nugroho Putri, NIM. 12208173054, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata kunci : Faktor Kesulitan Siswa Kelas XI MIPA Materi Sistem Reproduksi. Peneliti melakukan pengamatan disekitar lingkungannya pada tahun 2020, bahwa di negara Indonesia sudah termasuk ke dalam kasus Covid 19 terbanyak di ASEAN. Di tahun 2021, tercatat libur sekolah yang paling panjang, biasanya hanya 2 minggu namun saat ini lebih dari 1 bulan. Saat terjadinya kasus covid, guru mengalami perubahan metode pembelajaran yang menggunakan teknologi canggih. Meskipun saat ini sudah berkurang namun beberapa guru tetap menggunakan beberapa aplikasi tersebut. Dengan adanya perubahan situasi tersebut siswa mengalami kesulitan belajar dimana adanya kurikulum baru, suasana yang berbeda, kurangnya memahami materi, kurangnya interaksi guru dengan siswa, minimnya sumber belajar siswa. Pelajaran yang diambil peneliti ialah mata pelajaran biologi, dimana mata pelajaran tersebut memiliki ciri yang berhubungan dekat dengan alam sekitar. Oleh karena itu, materi biologi mempunyai tantangan sendiri bagi guru dan siswa. Biologi kelas XI MIPA terdapat sub bab yaitu sistem reproduksi manusia. Materi Sistem Reproduksi Manusia menjelaskan perbedaan sistem reproduksi pria dan wanita, terjadinya kehamilan, kelainan atau penyakit pada reproduksi. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI MIPA dari segi internal pada mata pelajaran Biologi materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 7 Kota Kediri, (2) mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI MIPA dari segi eksternal pada mata pelajaran Biologi materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 7 Kota Kediri dan (3) mengetahui cara mengatasi faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran Biologi materi Sistem Reproduksi Manusia di SMAN 7 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana untuk mengetahui fenomena yang telah dialami oleh peneliti. Lokasi pengambilan data di SMA Negei 7 Kota Kediri. Sumber yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA dan guru mata pelajaran biologi. Dalam pengecekan keabsahan penelitian ditemukan uji kredibilitas (credibility) dan uji konfirmability (confirmability). Kredibilitas merupakan kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif, sedangkan komfirmability adalah hasil penelitian yang telah disepakati oleh banyak orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Angket akan dibagikan ke siswa kelas XI MIPA, wawancara dilakukan bersama guru dan salah satu siswa kelas XI MIPA, dan yang terakhir dokumentasi atau observasi. Hasil penelitian adalah (1) faktor–faktor yang mempengaruhi penyebab kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI MIPA di SMA Negeri 7 Kota Kediri ditinjau dari segi internal antara lain faktor minat dan moticasi yaitu 50%,, pada faktor sikap sebesar 50%. Kedua faktor tersebut seimbang dalam menyebabkan pengaruh kesulitan belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Kota Kediri. (2) penyebab kesulitan belajar Biologi pada materi Sistem Reproduksi Manusia kelas XI MIPA di SMAN 7 Kota Kediri di tinjau dari segi faktor eksternal yaitu sekolah dengan hasil 36%, rumah atau keluarga dengan hasil 25% dan lingkungan masyarakat dengan hasil 39%. Dijelaskan bahwa yang mempengaruhi paling besar dalam faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI MIPA dari segi ekternal yaitu faktor lingkungan masyarakat. (3) Upaya yang dilakukan dalam kesulitan belajar ialah melakukan pendekatan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Guru sering bertanya ke siswa tentang penjelasan yang disampaikan. Guru menggunakan media pembelajaran yang sangat menyenangkan. Guru bekerja sama kedua orang tua siswa. Melakukan remedial. dan memberikan materi tambahan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208173054 SHOLIKHATUS DWI WAHYUNI NUGROHO PUTRI |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 01:51 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 01:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53926 |
Actions (login required)
View Item |