IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 NGUNUT TULUNGAGUNG

WALID SATRIA TAMA, 12201183392 (2023) IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)

Abstract

kripsi dengan judul “Implementasi Hidden Curriculum dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung”. ditulis oleh Walid Satria Tama. NIM 12201183392. Program studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Muhammad Dwi Toriyono,S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Hidden Curriculum, Karakter Religius. Hari ini dunia pendidikan mengalami masalah krisis moral. Sekolah saat ini dianggap hanya mempelajari pelajaran umum dan kurang efektif dalam menentukan masa depan output yang berkarakter religius. Pembentukan karakter dalam pendidikan formal tidak dapat terlepas dari keterlibatan kepala sekolah, guru, dan orangtua peserta didik yang memiliki andil sangat besar dalam menentukan keberhasilannya. Selain itu, terdapat beberapa unsur yang tersembunyi selain unsur kurikulum formal sekolah. Hadirnya The Hidden Curriculum adalah salah satu upaya yang sering terabaikan dalam pembentukan karakter. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bentuk implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung; (2) Untuk mendeskripsikan metode implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung; (3) Untuk mendeskripsikan dampak implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung;. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Sumber data Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru, Peserta Didik, dan Dokumentasi. Teknik pengumpulan data observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, Bentuk implementasi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung. mencakup aspek struktural dan kultural yang pelaksanaannya di dalam dan di luar kelas. Kedua, Metode implementsi hidden curriculum dalam membentuk karakter religius dilaksanakan dengan metode praktis yang terintegrasi dan bertahap dimulai dari pengetahuan melaksanakan, serta membiasakan. Diantara metodenya yaitu, Keteladanan/ pembiasaan, Dialog, Hukuman, dan Penghargaan. Ketiga, Dampak implementsi hidden curriculum di SMP Negeri 3 Ngunut Tulungagung meliputi dampak positif yaitu nilai Aqidah, Ibadah, dan Akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183392 WALID SATRIA TAMA
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:46
Last Modified: 10 Oct 2024 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/53977

Actions (login required)

View Item View Item