APRILIA RIZKI ANI PUTRI, 12207193036 (2023) MANAJEMEN SEKOLAH DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (Studi kasus di SMKN 1 Udanawu). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (860kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan kurikulum pendidikan dimana dipengaruhi oleh perkembangan zaman yang trerus terjadi, selain itu pula adanya perubahan kurikulum pendidikan juga dilatar belakangi karena adanya berbagai permasalahan di dunia pendidikan yang mengakibatkan pembelajaran kurang efektif dan di diperparah pula dengan adanya pandemi covid-19. Kebijakan merdeka belajar ini menjadi jawaban akan persoalan dan problematika yang terjadi di dunia pendidikan guna tercapainya tuhuan dari pendidikan, kurikulum inipun diterapkan juga di SMKN 1 Udanawu pada tahun ajaran 2022/2023, SMKN 1 Udanawu sendiri merupakan sekolah negeri kejuaruan yang ada di Kabupaten Blitar yang memiliki mutu pendidikannya tergolong baik dan memiliki siswa-siswi berprestasi di bidang akademik maupun non akademik, sehingga dapat dijadikan role model SMK lain dalam menerapkan kurikulum merdeka ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar dengan fokus penelitian; 1) Baggaimana kebijakan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Udanawu?; 2) Bagaimana perencanaan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Udanawu?; 3) Bagaimana penerapan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Udanawu?; dan 4) Bagaimana pengawasan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Udanawu? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat melalui diskusi,. xix Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut; 1) Kebikan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Udanawu adalah dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar pada tahun ajaran 2022/2023 untuk kelas X dengan menggunakan jalur mandiri berubah, 2) Perencanaan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Udanawu dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan seperti workshop, bimbingan, maupun lokakarya. Lalu dilanjutkan dengan perencanaan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan kurikulum ini, 3) Penerapan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Udanawu dengan menggunakan opsi mandiri berubah dimana kurikulum merdeka belajar ini akan diterapkan secara penuh dan pihak sekolah diberikan keleluasaan untuk menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disediakan dalam kurikulum merdeka yang akan dilaksanakan. Adapun pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode yang berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi dari peserta didik dan juga materi/teori yang akan diberikan kepada peserta didik bisa berupa diskusi, presentasi dan lain sebagainya. Selain itu peserta didik dibebaskan dalam memilih fokus keahlian sesuai dengan apa yang menjadi bakat atau yang mereka minati. Didalam kurikulum merdeka ini juga terdapat pembelajaran kokurikuler wajib yang juga diterapkan di SMKN 1 Udanawu yaitu berupa proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dengan memilih tiga tema yang telah diterapakannya yaitu kearifan lokal, gaya hidup berkelanjutan, dan juga kebekerjaan., 4) Pengawasan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMKN 1 Udanawu dilakukan secara internal, internal eksterlnal dan eksternal. Evaluasi internal dilakukan oleh kepala sekolah, evaluasi internal eksternal berasal dari eksternal SMKN 1 Udanawu tetapi masih lingkup lembaga pendidikan seperti dinas pendidikan, sedangkan evaluasi eksternal dilakukan oleh dunia industry yang menjadi mitra.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kepala Sekolah Pendidikan > Kurikulum Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193036 APRILIA RIZKI ANI PUTRI |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 08:49 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 08:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54033 |
Actions (login required)
View Item |