IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 4 DI SD Al ISHLAH TULUNGAGUNG

RISMA AGUSTINA, 126205202165 (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 4 DI SD Al ISHLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (655kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar IPA Kelas 4 di SD Al Ishlah Tulungagung” ini ditulis oleh Risma Agustina, NIM. 1262065202165, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr.Moh Arif, M.Pd. Kata Kunci :Implementasi, Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar Model pembelajaran kontekstual dapat membantu guru dalam mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa. Begitu juga dengan guru mata pelajaran IPA kelas 4 di SD Al Ishlah Tulungagung yang memiliki model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), guru mata pelajaran IPA kelas 4 ini memiliki tujuan supaya hasil belajar siswa meningkat yang berupa peningkatan hasil belajar siswa pada keaktifan, kedisiplinan, dan keterampilan siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas 4 di SD AL Ishlah Tulungagung? (2) Bagaimana Tahapan Penerapan Pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas 4 di SD AL Ishlah Tulungagung? (3) Bagaimana Implikasi Pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas 4 di SD AL Ishlah Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SD Al Ishlah Tulungagung. Sumber datanya Kepala Sekolah SD Al Ishlah Tulungagung dan Guru Kelas 4 SD Al Ishlah Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan menggunakan tringulasi dan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) perencanaan Pembelajaran model CTL (Contextual Teaching and Leaening) dilakukan dengan menyusun jurnal mengajar, menentukan tahapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Leaening), menentukan media pembelajaran, dan menentukan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). (2) Tahapan Penerapan menggunakan model pembelajaran (Contextual Teaching and Leaening) (Contextual Teaching and Leaening) dilakukan dengan pertanyaan pemantik, kegiatan inti, refleksi, dan penugasan. (3) Implikasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Leaening) yaitu dalam meningkatkan hasil belajar siswa meliputi ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dapat dilaksanakan dengan penugasan di akhir pembelajaran. Berupa mengerjakan soal LKPD dan Tugas dari Buku Cerdas Tangkas. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari nilai rata-rata dari sebelum pelaksanaan CTL yaitu 78,96 < rata-rata setelah pelaksanaan CTL 81,03.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202165 RISMA AGUSTINA
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:37
Last Modified: 14 Oct 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54066

Actions (login required)

View Item View Item