PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEAGAMAAN DI MIN 14 BLITAR

DEVI NOVITASARI, 12205193144 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN KEAGAMAAN DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (410kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Keagamaan Di MIN 14 Blitar”. Ini ditulis oleh Devi Novitsari, NIM. 12205193144, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: H. Muh. Nurul Huda, M.A., NIP. 197404082007101003 Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Religius, Pembiasaan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena belakangan ini, banyaknya sekolah umum yang hanya unggul dalam nilai umumnya saja dan kurang dalam bidang keislamannya seperti salah satunya dalam karakter religius peserta didiknya. Minimnya pemahaman tentang karakter religius menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, sekarang ini banyak lembaga pendidikan yang berusaha menciptakan lulusan yang berkualitas baik dalam bidang umum maupun keislaman. Disini penting bagi seorang guru untuk bisa berperan sesuai dengan tugasnya dalam menumbuhkan karakter religius peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa saja bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan keagamaan di MIN 14 Blitar? (2) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan pendidikan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan keagamaan di MIN 14 Blitar? (3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan pendidikan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan keagamaan di MIN 14 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di MIN 14 Blitar. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa langkah yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan keagamaan di MIN 14 Blitar antara lain Penerapan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun), mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan berdoa, tahfidz Qur’an, shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, jum’at berkah, dan PHBI. (2) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan pendidikan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan keagamaan di MIN 14 Blitar adalah dengan mendidik perilaku peserta didik dengan cara menanamkan perilaku terpuji, memberi motivasi dan memberi hadiah kepada peserta didik. (3) Peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan pendidikan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan keagamaan di MIN 14 Blitar adalah dengan selalu memberi evaluasi kepada peserta didik dan orang tua mengenai tumbuh kembang anak, apakah perkembangan peserta didik memiliki kemajuan atau tidak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193144 DEVI NOVITASARI
Date Deposited: 04 Nov 2024 01:19
Last Modified: 04 Nov 2024 01:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54663

Actions (login required)

View Item View Item