PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI POKOK BAHASAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PESERTA DIDIK KELAS IV MI WB HIDAYATUT THULLAB KAMULAN DURENAN TRENGGALEK

SITI ALFIANI, 2817133180 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI POKOK BAHASAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PESERTA DIDIK KELAS IV MI WB HIDAYATUT THULLAB KAMULAN DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Hasil belajar SKI Pokok Bahasan Dakwah Nabi Muhammad SAW Peserta Didik Kelas IV MI WB Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Siti Alfiani, NIM. 2817133180, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan dibimbing oleh Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Media Cerita Bergambar, Hasil Belajar dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pokok Bahasan Dakwah Nabi Muhammad SAW. Latarbelakang penelitian ini adalah sulitnya peserta didik dalam memahami materi dan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Selain itu, guru masih cenderung dengan metode ceramah. Akibatnya, peserta didik kurang bersemangat dan hasil belajar kurang optimal. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan PTK dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dengan Media Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar SKI pokok bahasan Dakwah Nabi Muhammad SAW peserta didik kelas IV MI WB Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan: (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation dengan media cerita bergambar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan dakwah nabi muhammad SAW peserta didik kelas IV MI WB Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017; (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan dakwah nabi muhammad SAW pada peserta didik kelas IV MI WB Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup redusi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan media cerita bergambar yaitu dengan membagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mengidentifikasi masalah yang berbeda dengan memanfatkan sumber yang ada. Setelah itu guru membagikan cerita bergambar untuk diidentifikasi bersama kelompoknya masing-masing. Kemudian peserta didik membuat laporan sesuai dengan hasil investigasi. Setelah itu masing-masing kelompok mempresentasikan hasil pekerjaannya. Kemudian guru beserta peserta didik menyimpulkan tujuan pembelajaran. (2) Hasil belajar peserta didik meningkat. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata pada pre test yaitu 46,64 dengan persentase ketuntasan belajar 11,76% (2 peserta didik). Kemudian mengalami peningkatan tes formatif siklus I yaitu 74,27 dengan persentase ketuntasan belajar 55,55% (10 peserta didik). Sehingga dari pre test ke siklus I mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 43,79%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik siklus II meningkat menjadi 87,76 dengan persentase ketuntasan belajar 88,23% (15 peserta didik). Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar sebanyak 32.68%. adapun peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik dari pre test ke siklus II 76.47%. data tersebut membuktikan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan media cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan dakwah nabi muhammad SAW peserta didik kelas IV MI WB Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek Tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133180 SITI ALFIANI
Date Deposited: 15 Aug 2017 03:09
Last Modified: 15 Aug 2017 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5467

Actions (login required)

View Item View Item