FATKHUR RIPANGI, 2811133094 (2017) PENERAPAN METODE ADZ-DZIKRU DALAM BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PONDOK MODERN DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (726kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (156kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (327kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Adz-dzikru dalam Belajar Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Fatkhur Ripangi, NIM. 28111330094, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Hj. Luluk ‘atirotu zahroh,S.Ag, M.Pd. Kata Kunci : Metode adz-dzikru, Belajar Membaca Al-Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena terlihatnya banyaknya santri yang belum bisa membaca al-qur’an, sehingga saat ini banyak anak-anak muslim tidak bisa membaca Al-Qur’an. Padahal masa santri merupakan masa yang paling efektif untuk belajar membaca Al-Qur’an agar mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya guna membangun dunia ini sesuai dengan konsep yang ditetapkan oleh Allah Swt. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah:1)Bagaimana pelaksanaan Penerapan Metode Adz-Dzikru Dalam belajar Membaca Al-Qur’an Di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung? .2) Apa keunggulan dan kelemahan Metode Adz-Dzikru Dalam belajar Membaca Al-Qur’an Di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari ? 3) Bagaimana proses evaluasi Penerapan Metode Adz-Dzikru Dalam belajar Membaca Al-Qur’an Di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode adz-dzikru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di pondok modern darul hikmah. 2) Untuk mengetahui apa keunggulan dan kelemahan Metode Adz-Dzikru Dalam belajar Membaca Al-Qur’an santri Di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari 3) Untuk mengetahui proses evaluasi Penerapan Metode Adz-Dzikru Dalam belajar Membaca Al-Qur’an santri Di Pondok Modern Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi sumber dan teknik, serta mengadakan member check. Hasil penelitian di Pondok Modern Darul Hukmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung tentang penerapan metode adz-dzikru dalam belajar membaca Al-Qur’an pada santri yakni: 1)dalam menerapkan metode adz-dzikru guru di tuntut untuk mengikuti langkah-langkah pembelajaran adz-dzikru yaitu Setiap awal membaca diawali dengan taawudz/basmalah dan berirama,Guru membacakan terdahulu tiga huruf yang telah berharakat dengan baik dan benar sebanyak tiga kali, tanpa mengenalkan bentuk-bentuk hurufnya, santri memperhatikan kemudian menirukan dan membaca bersama-sama hingga hafal,Guru menanyakan bacaan yang telah di sampaikan yang di mulai dari kata yang pertama dan seterusnya hingga hafal secar bersama –sama maupun kelompok. Kemudian menanyakan secara acak,Guru membacakan terlebih dahulu dengan baik dan benar tiga huruf yang telah berharakat fathah,ksrah,dzommah, santri memperhatikan kemudian menirukan dan membaca bersama-sama hingga hafal,Guru membacakan contoh-contoh bacaan yang yang telah bersambung terlebih dahulu dengan baik dan benar secara bertahap dan diikuti oleh semua santri,Bila lupa terhadap huruf kata yang akan dibaca, maka lihatlah tiga huruf diatas yang telah disampaikan sebelumnya. 2)keunggulan metode adz-dzikru,a)Waktu yang di gunakan pembelajaran tidak terlalu lama cukup dengan 24 jam.b)Dari awal pembelajar telah memakai lagu atau rost.c)Dapat mempermudah pagi para pemula.d)Meningkatkan kreatifitas guru dan santri dalam mempelajari dan mecintai Al-Qur’an. e)Singakat dan tidak membingungkan.e)Mudah untuk di mengerti.f)Buku tidak berjilid hanya memakai satu buku.g)guru harus mengikuti pelatihan dulu sebelum mengajar dengan metode adz-dzikru.h)metode adz-dzikru tidak menyeleweng dari kaidah-kaidah ilmu tajwidnya. i)langsung mepraktekan bacaan tajwid.j)sudah ada langkah-langkah pembelajaran tersendiri dari metode adz-dzikru.adapun Kekurangan metode adz-dzikru,a)Bagi santri/anak didik yang memiliki daya fikir lemah, maka akan membutuhkan waktu yang lama pula dalam menerima pelajaran yang diberikan ustdzadz/guru.b)Seorang guru dituntut ekstra keras untuk berusaha membenarkan bacaan santrinya sampai benar-benar bisa cara membacanya dan tahu tempat keluarnya huruf beserta cara mengucapkannya yang benar dan tepat c)Tidak semua guru atau ustdzadz pengajaran Al-Qur’an bisa menerapkan lagu rost khas adz-dzikru. 3)evaluasi penerapan metode adz-dzikru Setelah materi disamapaikan perhalaman, santri dsuruh untuk mebaca perkelompok yaitu berempat dan bertiga atau berdua. Salah satu santri di minta untuk membimbing teman-temanya kemudian diikuti bersama-sama.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133094 FATKHUR RIPANGI |
Date Deposited: | 25 Jul 2017 02:40 |
Last Modified: | 25 Jul 2017 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5495 |
Actions (login required)
View Item |