Diki Rivanto, S. Pd, 2811133068 (2017) PROGRAM EKSTRAKURIKULER "BENGKEL AL-QUR'AN" DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR'AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN)2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text (SKRIPSI)
COVER.pdf Download (808kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
ABSTRAK.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB I.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB III.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB IV.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB V.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
BAB VI.pdf Download (123kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Program Ekstrakurikuler Bengkel Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Diki Rivanto, NIM 2811133068, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata kunci : Program Ekstrakurikuler, Kualitas Baca Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu banyak siswa yang kurang bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bahkan ada yang belum bisa membaca Al-Qur’an sama sekali. Dampak dari hal tersebut jika dibiarkan berlarut-larut maka akan menjadikan siswa yang malas membaca ataupun menghafal AL-Qur’an, sehingga kualitas pemahaman siswa terhadap Al-Qur’an kurang. Padahal Islam telah memerintahkan umatnya untuk membaca, seperti yang dijelaskan pada surat Al-Alaq (surat yang pertama kali diturunkan), karena Al-Qur’an adalah pedoman hidup untuk manusia yang akan digunakan sepanjang masa, serta tidak ada yang bisa merubahnya. Peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an sejak dini adalah suatu hal yang penting, karena mempelajari Al-Qur’an membutuhkan waktu yang tidak singkat. Sehingga dengan perkembangan zaman yang semakin pesat seperti ini diharapkan siswa-siswi generasi penerus bangsa selain menguasai ilmu pengetahuan umum tetapi juga memahami ilmu-ilmu keagamaan yang kelak pasti akan sangat bermanfaat, terutama ilmu tentang baca Al-Qur’an yang dilaksanakan melalui program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an melalui pembelajaran makharijul huruf di MTs Negeri 2 Kota Blitar? (2) Bagaimana program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an melalui pembelajaran tajwid di MTs Negeri 2 Kota Blitar? (3) Bagaimana program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an melalui tahfidz Al-Qur’an di MTs Negeri 2 Kota Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an melalui pembelajaran makharijul huruf di MTs Negeri 2 Kota Blitar? (2) Untuk mengetahui bagaimana program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an melalui pembelajaran tajwid di MTs Negeri 2 Kota Blitar? (3) Untuk mengetahui bagaimana program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an melalui tahfidz Al-Qur’an di MTs Negeri 2 Kota Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dokumentasi dalam penelitian ini berupa informasi tertulis dan bergambar yang ada keterkaitannya dengan program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an di MTs Negeri 2 Kota Blitar. Pengamatan yang dilakukan peneliti dengan cara melihat dan mengamati kejadian-kejadian yang terjadi di dalam ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an sebagaimana yang terjadi pada keadaan sebenarnya. Kemudian wawancara mendalam ini dilakukan kepada para siswa dan guru-guru pengajar ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an di MTs Negeri 2 Kota Blitar, guru dan siswa sangat memegang peranan penting,sehingga keduanya bisa bekerja sama dengan baik. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi tersebut akhirnya dibentuklah program ekstrakurikuler bengkel Al-Qur’an. Di dalam pembelajaran makharijul huruf diterapkan cara pembiasaan kepada siswa dalam membaca. Di dalam pembelajaran tajwid diterapkan melalui cara konvensional yaitu, pemberian contoh oleh guru dan siswa menirukannya serta diulang-ulang sampai lancar. Di dalam tahfidz Al-Qur’an menggunakan tahsin tilawah. Hasil dari implementasi makharijul huruf, tajwid, dan tahfidz Al-Qur’an, adalah peserta didik diajarkan cara membaca dan memahami Al-Qur’an, sehingga diharapkan siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu baca Al-Qur’an dan kelak dapat mengamalkannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133068 DIKI RIVANTO |
Date Deposited: | 11 Aug 2017 02:11 |
Last Modified: | 11 Aug 2017 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5498 |
Actions (login required)
View Item |