PENGEMBANGAN VIDEO PENGENALAN ALAT-ALAT LABORATORIUM BAGI MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

YOSI PRASINTA, 12208183167 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PENGENALAN ALAT-ALAT LABORATORIUM BAGI MAHASISWA TADRIS BIOLOGI UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (507kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pengenalan Alat-Alat Laboratorium Bagi Mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Yosi Prasinta, NIM. 12208183167, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Video, Pengenalan, Alat-Alat Laboratorium Proses pendidikan memuat strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan materi yang dipelajari. Selain itu, dalam proses pembelajaran juga memerlukan media pembelajaran yang akan memfasilitasi dan mempermudah dalam penyamapian materi sehingga tercipta pembelajaran yang efektif. Seperti halnya, mahasiswa program studi Tadris Biologi di UIN Sayyid Ali Rahmatullah diharapkan mampu mencapai kompetensi dalam pengenalan alat-alat laboratorium. Kompetensi tersebut terdapat dalam mata kuliah Manajemen Laboratorium IPA yang perlu ditempuh oleh mahasiswa. Namun masih terdapat kekurangan. Berdasarkan angket analisis kebutuhan mahasiswa mengalami kesulitan dan keterbatasan media pembelajaran, yang mana media pembelajaran disajikan kurang menarik dan media pembelajaran yang digunakan hanya berupa metode ceramah dan powerpoint. Oleh karena itu hal tersebut menjadi acuan peneliti untuk mengembangkan video pengenalan alat-alat laboratorium dikarenakan pada video visulnya lebih menarik, mudah dipahami dan video merupakan salah satu media pembelajaran interaktif yang mampu mempermudah pemahaman suatu materi. Dengan video tersebut mahasiswa dapat secara jelas melihat alat-alat laboratorium yang ada melalui video tersebut secara fleksibel dimanapun dan kapanpun. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan video pengenalan alat-alat laboratorium bagi mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (2) untuk mendeskripsikan kelayakan video pengenalan alat-alat laboratorium. bagi mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (3) untuk mendeskripsikan keefektifan pengembangan video pengenalan alat-alat laboratorium bagi mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development (R&D)) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan yang namun hanya dilakukan hingga tahap-9. Yang meliputi (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (pengembangan desain) (4) uji coba awal (uji ahli/uji lapangan terbatas) (5) revisi hasil uji coba awal/terbatas (hasil revisi uji ahli) (6) uji coba lapangan lebih luas (skala kecil) (7) revisi hasil uji coba lapangan lebih luas (8) uji coba lapangan skala besar (9) penyempurnaan produk akhir. Adapun subjek penelitian adalah mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyd Ali Rahmatullah angkatan 2020. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket analisis kebutuhan, angket validasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Instrumen penelitian dalam penelitian dan pengembangan ini meliputi angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli, dan angket respon mahasiswa. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang akan dianalisis menggunakan teknik analisis data berupa analisis hasil validasi, uji validitas, uji reabilitas, uji wilcoxon dan uji n-gain. Hasil penelitian dan pengembangan ini menyatakan bahwa: (1) Proses pengembangan video pengenalan alat-alat laboratorium meliputi: (a) penelitian dan pengumpulan data melalui analisis kebutuhan, analisis penelitian terdahulu dan analilis video dari youtube; (b) tahap perencanaan, meliputi perencanaan materi, skrip video, storyboard; (c) pengembangan produk awal dengan pengambilan video, perekaman suara, penyuntingan.; (d) tahap uji coba awal, produk diujikan kepada para ahli; (e) tahap revisi hasil uji coba awal berdasarkan komentar dan saran para ahli; (f) tahap uji coba lapangan lebih luas, dengan pengujian produk terhadap dosen pengampu mata kuliah Manajemen Laboratorium IPA dan mahasiswa yang pernah menempuh mata kuliah tersebut, serta pemberian angket respons untuk mahasiswa; (g) tahap revisi hasil uji coba lapangan lebih luas, melakukan perbaikan produk berdasarakan dari saran dan komentar oleh mahasiswa; (h) tahap uji coba lapangan skala besar, dilakukan uji coba produk terhadap mahasiswa; (i) tahap penyempurnaan produk akhir sehingga hingga kualitas video lebih baik. (2) Video pengenalan alat-alat laboratorium memperoleh persentase nilai sebesar 90,5% dari ahli media dengan kriteria sangat valid, 66,6% dari ahli materi dengan kriteria cukup valid. Instrumen tes memperoleh persentase nilai dari ahli pendidikan sebesar 80% (soal pretest) dan 85% (soal posttest) dengan kriteria valid, dari dosen pengampu sebesar 86% dengan kriteria sangat valid. Validasi video oleh mahasiswa memperoleh nilai sebesar 86% dengan krteria sangat valid. Maka rekapitulasi hasil uji kelayakan oleh para ahli mendapat ratarata 81% dengan kriteria “Valid”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pengenalan alat-alat laboratorium layak digunakan. (3) Efektivitas pembelajaran menggunakan media berupa video pengenalan alat-alat laboratorium dapat dilihat melalui hasil analisis data yang menunjukkan bahwa uji Wilcoxon data pretest dan posttest kelas kontrol menunjukkan nilai Asymp Sig (2- tailed) sebesar 0,432 > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pengenalan alat-alat labolatorium. Namun, berbeda dengan hasil analisis uji Wilcoxon data pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pengenalan alat-alat labolatorium. Selain itu, hasil uji ngain menunjukkan n-gain score sebesar 0.6956, yang menandakan efektivitas dalam kategori sedang, persentase n-gain score sebesar 69.555% yang berarti penggunaan video materi pengenalan alat-alat labolatorium bagi mahasiswa Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung cukup efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mahasiswa
Biologi > Perkembangan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183167 YOSI PRASINTA
Date Deposited: 03 Dec 2024 07:24
Last Modified: 03 Dec 2024 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/54995

Actions (login required)

View Item View Item