ARUM SALSABIL YAHYA, 12201193232 (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-IDRIS BANYAKAN KEDIRI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (907kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (516kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (716kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (436kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Santri TPQ Al-Idris Banyakan Kediri” ini ditulis oleh Arum Salsabil Yahya, NIM. 12201193232, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pendidikan merupakan kunci utama dalam sebuah kehidupan. Dalam pendidikan non formal dapat diperoleh dimanapun termasuk di TPQ atau disebut Taman Pendidikan Al-Qur’an. Orang tua sebagai guru pertama yang berkewajiban untuk memberikan ilmu terhadap anak salah satunya memperhatikan perkembangan anak dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Peran orang tua menjadi hal utama yang akan mencapai suatu interaksi lebih baik antara orang tua dan anak sehingga dapat menghasilkan pengaruh positif dalam pendidikan seorang anak. Orang tua di TPQ Al-Idris ikut serta menjalankan perannya memberikan ilmu terhadap santri untuk meningkatkan kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an agar santri dapat mengerti dan memahami huruf-huruf serta tajwid sesuai kaidah yang telah ditetapkan dengan baik dan benar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1)Bagaimana peran orang tua sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap santri di TPQ Al-Idris Banyakan Kediri? 2) Bagaimana peran orang tua sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap santri di TPQ Al-Idris Banyakan Kediri? 3) Bagaimana peran orang tua sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap santri di TPQ Al-Idris Banyakan Kediri?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penemuan ini menggunakan teknik observasi pasrtisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan dan meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran orang sebagai motivator dengan memberikan ungkapan semangat setiap hari, memberikan pujian ketika mendapat peningkatan nilai dalam membaca Al-Qur’an, memberikan hukuman untuk tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan, memberikan apresiasi atas peningkatan yang telah dicapai. 2) Peran orang tua sebagai pendidik dengan menjadi contoh teladan baik, memberikan nasihat tentang pentingnya membaca Al-Qur’an, membentuk komunikasi aktif dengan anak bagaimana pelaksanaan kegiatan membaca Al-Qur’an, membuat jadwal membaca Al-Qur’an ketika dirumah, mengajarkan ibadah dengan tepat waktu. 3) Peran orang tua sebagai pembimbing dengan mengawasi dan memantau kegiatan membaca Al-Qur’an baik di TPQ atau dirumah, selalu memberikan arahan bahwa dengan membaca Al-Qur’an tidak akan menyesal dikemudian hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193232 ARUM SALSABIL YAHYA |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 07:21 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55080 |
Actions (login required)
View Item |