CICA PUSPANINGSTYA PUTRI RIYANTO, 126209203124 (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTs Al HUDA BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (810kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (661kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode ceramah pada siswa kelas VII B mata Pelajaran IPS di MTs Al Huda Bandung?. 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan metode ceramah pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII B di MTs Al Huda Bandung?. 3) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII B menggunakan metode ceramah pada mata Pelajaran IPS di MTs Al Huda Bandung?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang menggunakan data primer. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta metode pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS menggunakan metode ceramah, untuk mengetahui masih efektif atau tidak seorang guru dalam menggunakan metode ceramah tersebut dalam pembelajaran IPS, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran ceramah pada siswa kelas VII B MTs Al Huda Bandung.Hasil penelitian ini adalah : 1) Penerapan metode pembelajaran ceramah pada siswa kelas VII B mata Pelajaran IPS di MTs Al Huda Bandung diawali dengan menyampaikan kompetensi atau tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan modul ajar, kemudian menentukan topik atau materi yang akan dibahas kepada siswa. 2) Kelebihan dari metode ceramah yang diterapkan pada siswa kelas VII MTs Al Huda Bandung yaitu penerapannya hemat waktu dan alat, mampu membangkitkan antusias siswa, tidak memerlukan setting kelas yang beragam, membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan mendengar dan daya ingat, merangsang kemampuan siswa. Lalu untuk kekuranggan meliputi metode yang cenderung hanya berpusat pada guru sebagai sumber informasi, metode ceramah di kelas VII B menempatkan siswa pada posisi sebagai pendengar dan pencatat materi, menimbulkan rasa jenuh pada siswa kelas VII B. 3) Hasil belajar siswa kelas VII B MTs Al Huda Bandung dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode ceramah dapat dikatakan cukup sedangkan untuk motivasi belajarnya dikatakan rendah. Hal ini dibuktikan dengan kualifikasi penilaian sumatif dalam mata pelajaran IPS terletak antara nilai 6-7 dalam satu kelas sebanyak 13 siswa. Sedangkan motivasi belajar siswa juga rendah dibuktikan dengan siswa kelas VII B lebih cenderung asik main sendiri, merasa jenuh dan bosan, serta tidak memperhatikan penyampaian materi dari guru secara fokus
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209203124 CICA PUSPANINGSTYA PUTRI RIYANTO |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 06:51 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55096 |
Actions (login required)
View Item |