IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKANKARAKTER SISWA MELALUI PRAKTIK KEAGAMAAN DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MOCHAMMAD IRCHAM DIWANI, 126205202089 (2024) IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKANKARAKTER SISWA MELALUI PRAKTIK KEAGAMAAN DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Praktik Keagamaan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Mochammad Ircham Diwani, NIM 126205202089, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Mochammad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Praktik Keagamaan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kemrosotan moral pada peserta didik era sekarang. Dengan ini peran pendidikan karakter sangat penting. Sehingga MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung menerapkan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan keagamaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pelaksanaan program sekolah untuk membentuk karakter peserta didik dan menjadi budaya/kebiasaan yang dilaksanakan oleh peserta didik. Fokus penelitian : (1) Bagaimana bentuk-bentuk kegiatan keagamaan dalam meningkatkan pendidikan karakter di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana karakter yang terbentuk pada diri peserta didik dari kegiatan keagamaan yang diterapkan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan dan solusi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekukan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk-bentuk kegiatan keagamaan dalam meningkatkan pendidikan karakter di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung meliputi kegiatan mengaji dan tahfiz, salat dhuhur berjamaah, dan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (2) Karakter yang terbentuk pada diri peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung diantaranya nilai karakter religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, madiri, rasa ingin tahu, kerja keras. (3) Hambatan diantaranya berasal dari faktor internal (berasal dari diri siswa sendiri. Seperti kebiasaan buruk yang dimiliki siswa yaitu malas, kurang disiplin, ramai saat kegiatan, kesulitan dalam hafalan, dan saat salat tidak khusuk). Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan adanya reward dan punishment, sering diingatkan san dinasehati, melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan, guru menjadi teladan/contoh dahulu, dukungan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202089 MOCHAMMAD IRCHAM DIWANI
Date Deposited: 11 Dec 2024 08:38
Last Modified: 11 Dec 2024 08:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55122

Actions (login required)

View Item View Item