REPUTASI DAI DI TENGAH PEMBERITAAN MEDIA SOSIAL (Studi Tokoh Gus Samsudin Pada Channel Youtube Mbah Den (SARIDEN))

NURFAUZI MAKINUDIN, 126311202033 (2024) REPUTASI DAI DI TENGAH PEMBERITAAN MEDIA SOSIAL (Studi Tokoh Gus Samsudin Pada Channel Youtube Mbah Den (SARIDEN)). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di masyarakat. Dimana ditengah keterbukaan arus media informasi dan komunikasi seseorang bisa dengan mudah mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya tanpa ada batasan. Sehingga seseorang bisa dengan mudah mencitrakan dirinya sebagai seorang dai. Pada tahun 2019 muncul seseorang yang kemudian dikenal dengan Gus Samsudin melalui platform youtube dengan berbagai video praktik supranaturalnya. Tak sedikit juga masyarakat yang menganggap Gus Samsudin sebagai seorang dai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat strategi dakwah yang dilakukan Gus Samsudin dan juga reputasinya sebagai seorang dai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan netnografi, dimana peneliti mengamati dan memahami masyarakat dan fenomena budaya yang terjadi serta dibentuk oleh interaksi manusia melalui media sosial (internet). Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi non partisipan dan juga studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan secara online melalui channel youtube Mbah Den (Sariden). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Miles dan Huberman dimana terdapat tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Gus Samsudin dalam melakukan praktik dakwahnya terbagi menjadi empat poin, yaitu membangun padepokan Nur Dzat Sejati, membuat channel youtube Mbah Den (Sariden) sebagai media dakwah, pesan dakwah yang tersirat pada setiap video di channel youtubenya, dan juga sasaran dakwah pada video yang diupload. Reputasi Gus Samsudin sebagai seorang dai pada penelitian ini terbagi menjadi dua perspektif. Pertama menurut masyarakat yang memberikan komentar melalui video praktik dakwahnya di youtube,yang didapatkan hasil bahwa reputasi Gus Samsudin sebagai seorang dai dapat dikatakan positif dan mendukung Gus Samsudin untuk terus berdakwah dengan caranya sendiri agar bisa tersampaikan dengan baik. Kedua menurut para ulama yang mengetahui praktik dakwah Gus Samsudin dengan hasil Reputasi Gus Samsudin sebagai seorang dai adalah negatif dengan tidak bisa dianggap sebagai seorang dai. Peneliti sangat menyadari banyak kekurangan dari penelitian ini, maka diharapkan peneliti selanjutnya dapat memberikan ulasan yang lebih jelas dan rinci tentang reputasi Gus Samsudin sebagai seorang dai melalui observasi yang lebih matang

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 126311202033 NURFAUZI MAKINUDIN
Date Deposited: 27 Dec 2024 03:44
Last Modified: 27 Dec 2024 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55140

Actions (login required)

View Item View Item