MAMLUATUS SA’ADAH, 126205203251 (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI MADRASAH DI MIN 1 KOTA SURABAYA. [ Skripsi ]
Text
SAMPUL.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (785kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (694kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (707kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (538kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Sa’adah , Mamluatus. 2024. Implementasi Program Gerakan Literasi Madrasah di MIN 1 Kota Surabaya. Skripsi. Program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah , Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, Universitas islam negeri sayyid ali rahmatullah tulungagung. Pembimbing skripsi : Irma Fauziah, M.Pd Kata Kunci : Implementasi, Gerakan Literasai Madarasah. Rendahnya tingkat literasi di Indonesia, yang didukung oleh hasil penelitian PISA tahun 2018. Hasil PISA tersebut menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa Indonesia menurun dibandingkan tahun 2015, di mana untuk kategori membaca Indonesia berada pada peringkat 74 dari 79 negara, peringkat 73 untuk matematika, dan peringkat 71 untuk sains. Data ini memperkuat asumsi rendahnya kemampuan literasi masyarakat Indonesia. Untuk menghadapi masalah ini, Gerakan Literasi Madrasah (GLM) diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, guna meningkatkan penguasaan literasi di sekolah dasar dan menengah. Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi program gerakan literasi madrasah pada tahap pembiasaan di MIN 1 Kota Surabaya. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi program gerakan literasi madrasah pada tahap pengembangan tahap di MIN 1 Kota Surabaya. 3.) Untuk mendeskripsikan implementasi program gerakan literasi madrasah pada tahap pembelajaran di MIN 1 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memahami fenomena secara mendalam dalam konteks tertentu. Peneliti sebagai instrumen kunci berperan aktif dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di MIN 1 Kota Surabaya. Sumber data primer berasal dari kepala madrasah, pengelola perpustakaan, guru, dan siswa. Data dianalisis dengan reduksi, penyajian, dan verifikasi untuk memperoleh kesimpulan yang akurat. Keabsahan data diperiksa melalui perpanjangan observasi, ketekunan, dan triangulasi, sehingga hasil penelitian ini valid dan kredibel. Hasil penelitian menunjuukan bahwa : 1) Tahap Pembiasaan: Di MIN 1 Surabaya, program literasi dimulai dengan rutinitas membaca 15 menit sebelum pembelajaran. Tujuannya untuk menumbuhkan kebiasaan positif literasi di kalangan siswa melalui pembacaan rutin yang dilakukan setiap hari sebelum kelas dimulai. 2) Tahap Pengembangan: Fokus pada perluasan wawasan literasi siswa melalui ruang eksplorasi seperti pojok baca dan posterisasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan berpikir kritis, dan pemahaman mendalam terhadap informasi melalui membaca dan menulis. 3) Tahap Pembelajaran: Di MIN 1 Surabaya, literasi diintegrasikan dalam proses belajar-mengajar. Ini bertujuan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa, serta membantu mereka memahami materi akademik lebih baik melalui diskusi dan pembacaan teks yang mendalam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203251 MAMLUATUS SA'ADAH |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 02:03 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 02:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55188 |
Actions (login required)
View Item |