IMPLEMENTASI METODE UTSMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN AL KAHARIYAH SELOPURO BLITAR

PUPUT RAHMAWATI, 126201203356 (2024) IMPLEMENTASI METODE UTSMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN AL KAHARIYAH SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Puput Rahmawati. 2024. Implementasi Metode Utsmani dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al Kahariyah Selopuro Blitar. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing Skripsi : Dr. H. M. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Metode Utsmani, Meningkatkan kemampuan,Sorogan Pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah diterapkan diberbagai lembaga taman pendidikan Al-Qur’an di Indonesia sejak 1990 Masehi. Pembelajaran membaca Al-Qur’an sangat perlu diterapkan karena semakin berkembangnya zaman, peminatan dalam belajar Al-Qur’an semakin berkurang. Adanya penerapan metode Utsmani yang efektif dan mudah diterima ini menjadikan anak-anak minat akan belajar tentang membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk menjelaskan perencanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Utsmani di TPQ Al Kahariyah Selopuro Blitar. (2) Untuk menjelaskan perencanaan pembelajaran Al-Qur’an metode Utsmani di TPQ Al Kahariyah Selopuro Blitar.(3) Untuk menjelaskan implikasi pembelajaran metode Utsmani di TPQ Al Kahariyah Selopuro Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai pengamat partisipan atau pengamat penuh. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman dengan teknik pengecekan keabsahan data melalui tahap triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencenaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Utsmani ini menggunakan modul pembelajaran yang berpusat langsung pada Pon.Pes Nurul Iman Garum, penggunaan modul tersebut menjadikan pembelajaran yang efektif untuk para santri. (2) Penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode ustmani dilaksanakan setiap hari senin sampai ahad kecuali hari libur yakni hari jum’at. Dengan menggunakan jadwal yang sudah dijadwalkan yang dapat memudahkan terlaksananya pembelajaran ,ada materi pokok juga ada materi tambahan,pembelajaran dilakukan dengan teknik indivual atau sorogan (3) Implikasi dari pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Utsmani yakni penguasaan tajwid yang lebih baik , merujuk pada sanad yang jelas, mudahnya dalam membaca Al-Qur’an, santri dapat percaya diri dari segi bacaan maupun karakter.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203356 PUPUT RAHMAWATI
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:23
Last Modified: 27 Dec 2024 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55330

Actions (login required)

View Item View Item