LUTFIANA NUR AZIZAH, 12206183031 (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ANAK GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL HIDAYAH DERMOJAYAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (593kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Lutfiana Nur Azizah, 12206183031, 2024, Pengembangan Media Lembar Kerja Anak Guna Meningkatkan Kemampuan Calistung Pada Anak Kelompok A di RA Al Hidayah Dermojayan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Abdul Aziz Faradi, M. Hum. Kata kunci : Media Lembar Kerja Anak, Kemampuan Calistung Pengembangan lembar kerja anak penunjang pembelajaran peserta didik di sekolah memerlukan inovasi baru sehingga dapat menunjang pembelajaran di sekolah, khusunya untuk pengenalan dan peningkatan kemampuan calistung pada peserta didik. Maka dari itu perlu diteliti bagaimana lembar kerja anak yang diterapkan di RA Al Hidayah Dermojayan dikembangkan. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana lembar kerja anak yang diterapkan di RA Al Hidayah Dermojayan di kembangkan. (2)Bagaimana peningkatan kemampuan calistung pada anak kelompok A RA Al Hidayah Dermojayan dengan menggunakan lembar kerja anak. Tujuan penelitian ini adalah: (1)Untuk mengembangkan lembar kerja anak dengan mengetahui keefektifan dan kelayakan penggunaan lembar kerja anak guna meningkatkan kemampuan calistung pada anak kelompok A di RA Al Hidayah Dermojayan. (2)Untuk mengetahui peningkatan kemampuan calistung pada anak kelompok A di RA Al Hidayah Dermojayan. Penelitian ini menggunakan dua tahap penelitian yaitu kuantitatif dan pengembangan atau metode Research and Development. Penelitian kualitatif menggunakan jenis metode penelitian deskriptif. Sedangkan tahap penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Sumber data yang diperoleh didapatkan dari : Penelitian di lingkungan sekitar, Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik, dan Dosen Ahli. Teknik pengumpulan data penelitian yang menggunakan metode wawancara dan kuisioner. Hasil penelitian skripsi ini yaitu dalam tahapan observasi dan checklist peneliti menggunakan sampel 5 peserta didik untuk mewakili keseluruhan peserta didik. Dari hasil observasi dan checklist diperoleh nilai dari setiap anak yaitu sebagai berikut Putri=75% Ahmad=72,5% Caca=100% Widya=97,5% Fidha=95%, hasil presentase dari lima anak tersebut menunjukkan bahwa produk efektif dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183031 LUTFIANA NUR AZIZAH |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 02:49 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55369 |
Actions (login required)
View Item |