IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I NGUNUT

ZULVI ROCHIMAYASARI, 12620920210 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (836kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Sejarah di Lembaga Sekolah Menengah Atas Negeri I Ngunut” ini ditulis oleh Zulvi Rochimayasari, NIM. 126209202104, Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd. Sejak tahun 1947, sistem pendidikan Indonesia telah mengalami kurang lebih sebelas perubahan kurikulum, yang terakhir adalah kurikulum tahun 2013. Kurikulum yang digunakan saat ini dikenal dengan istilah kurikulum merdeka atau konsep belajar mandiri. Penerapan kurikulum merdeka pembelajaran sejarah meliputi perencanaan, prosedur pembelajaran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum merdeka pembelajaran sejarah diakui oleh para ahli tenaga kependidikan dan terbukti efektif. Hal inilah yang menjadi latar belakang dan ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian di SMAN I Ngunut. Untuk mendalami hal tersebut, maka peneliti mweumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran sejarah di SMAN I Ngunut? 2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran sejarah di SMAN I Ngunut? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran sejarah di SMAN I Ngunut. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah Kualitatif Deskripstif dengan beberapa tahapan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi dan dengan beberapa teknik yang diantaranya mereduksi data atau mengolah data mentah yang dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Waka Kurikulum, Guru Sejarah dan tiga siswa SMAN I Ngunut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah telah mengikuti tahapan yang sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka. Dalam perencanaanya guru sejarah melakukan analisis, menyusun program, dan menetapkan tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi siswa. Dalam pelaksanaanya, guru sejarah menggunakan beberapa metode seperti problem based learning, take and gift, projek, diskusi kelompok, serta menggunakan media seperti gambar, video, maupun objek benda. Dalam penilaian guru sejarah memanfaatkan teknologi berupa google form dan dari hasil evaluasi-evaluasi yang telah dilakukan akan diakumulasikan dalam bentuk e-raport. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202104 ZULVI ROCHIMAYASARI
Date Deposited: 31 Dec 2024 07:26
Last Modified: 31 Dec 2024 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55422

Actions (login required)

View Item View Item