PENGARUH PEMANFAATAN CHATGPT TERHADAP LITERASI DIGITAL PENGGUNA (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

AMIDANA HIKMATAL FADLIYAH, 126310202049 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN CHATGPT TERHADAP LITERASI DIGITAL PENGGUNA (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Teknologi berbasis kecerdasan buatan, seperti ChatGPT, menjadi alat yang banyak digunakan dalam bidang akademik, namun dampaknya terhadap kemampuan literasi digital mahasiswa masih perlu dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan ChatGPT terhadap literasi digital mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Teori pada penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) dari Fred Davis dan teori literasi digital oleh Bawden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner dalam bentuk google form yang disebarkan kepada 100 mahasiswa yang dipilih secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, koefisien determinasi, uji F, uji T, dan uji korelasi. Dari pengolahan data diperoleh nilai R Square sebesar 0,525 yang menunjukkan bahwa 52,5% variabel Y dipengaruhi oleh variabel X, sementara sisanya 47,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Signifikansi uji T senilai 0,000<0,05, menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, pemanfaatan ChatGPT secara signifikan mempengaruhi literasi digital mahasiswa. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa TAM berfungsi dengan baik dalam menjelaskan penerimaan ChatGPT dan penggunaan ChatGPT berkontribusi positif terhadap literasi digital mahasiswa, terutama dalam memahami, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi dari sumber digital. Kata kunci: ChatGPT, literasi digital, mahasiswa, Technology Acceptance Model (TAM)

Item Type: Skripsi
Subjects: Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310202049 AMIDANA HIKMATAL FADLIYAH
Date Deposited: 03 Jan 2025 03:58
Last Modified: 03 Jan 2025 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55472

Actions (login required)

View Item View Item