Pengaruh Model Treffinger Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII MTs N Kanigoro Kras Kediri Tahun Ajaran 2013/2014

Dewi, Ana Yasinta Candra (2014) Pengaruh Model Treffinger Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII MTs N Kanigoro Kras Kediri Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
2. SAMPUL - ABSTRAK.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (161kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

KATA KUNCI: Model Treffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian dalam skripsi ini salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang bisa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Salah satu pembelajaran yang dianggap bisa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif adalah model pembelajaran Treffinger. Model Treffinger dapat membantu siswa untuk berfikir kreatif dalam memecahkan masalah, serta membantu siswa untuk menunjukkan potensi-potensi kemampuan yang dimilikinya termasuk kemampuan kreatif dan pemecahan masalah. Dengan kreativitas yang dimiliki siswa, siswa mampu menggali potensi dalam berdaya cipta, menemukan gagasan serta menemukan pemecahan atas masalah yang dihadapinya yang melibatkan proses berfikir. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan pengaruh model Treffinger dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTs N Kanigoro Kras Kediri tahun ajaran 2013/2014. (2) Mengetahui besar pengaruh model Treffinger dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTs N Kanigoro Kras Kediri tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Kanigoro tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik Puposive Sampling. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII E dan VII G. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan post-test dan dokumentasi. Post-test digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan berpikir kreatif siswa MTs Negeri Kanigoro yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Untuk menganalisis data yang digunakan analisis data statistik uji t menggunakan SPSS 16.00. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 73,12 sedangkan kelas kontrol = 53,94. Hasil perhitungan uji t diperoleh bahwa nilai thitung = 6,529 dan ttabel = 2,000 dengan db = 78 pada taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan disimpulkan ada pengaruh yang signifikan model Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTs N Kanogoro Kras Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 16 Dec 2014 07:07
Last Modified: 16 Dec 2014 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item