NORA DESI TRIANANDA, 17206163060 (2021) POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA DINI DI TK AL - HIDAYAH 01 TAWANGREJO BINANGUN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pola Asuh Orang Tua Pada Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini di TK AL-Hidayah 01 Tawangrejo Binagun Blitar” ditulis oleh Nora Desi Triananda, NIM 17206163060, jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung, dosen pembimbing oleh Dr.Hj. Luluk Atirou Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Pola Asuh, Sosial Emosi Pengasuhan orang tua sangat penting bagi anak dan akan mempengaruhi kehidupan anak hingga dewasa, oleh sebab itu orang tua hendaknya memperhatikan pemilihan pola asuh yang tepat dan disesuaikan dengan kepribadian anak, sehingga anak memiliki prilaku sosial-emosi yang baik. Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu (1) Bagaimana pola asuh otoriter dalam membentuk perkembangan sosial-smosi anak usia dini di kelompok B TK ALHidayah 01 Tawangrejo Binangun Blitar ? (2) Bagaimana pola asuh Permisif dalam membentuk perkembangan sosial-emosi anak usia dini di kelompok B TK AL-Hidayah 01 Tawangrejo Binangun Blitar ? (3) Bagaimana pola asuh demokrasi dalam membentuk perkembangan sosial-emosi anak usia dini di kelompok B TK AL Hidayah 01 Tawangrejo Binangun Blitar ? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan serta mengetahui bagaimana pola asuh otoriter dalam membentuk perkembangan sosial-emosi anak usia dini di kelompok B TK AL-Hidayah 01 Tawangrejo Binangun Blitar ? (2) Untuk mendeskripsikan serta mengetahui bagaimana pola asuh permisif dalam membentuk perkembangan sosial-emosi anak usia dini di kelompok B TK AL-Hidayah 01 Tawangrejo Binangun Blitar ? (3) Untuk mendeskripsikan serta mengetahui bagaimana pola asuh demokrasi dalam membentuk perkembangan sosial-emosi anak usia dini di kelompok B ALHidayah 01 Tawangrejo Binangun Blitar ? Metode pemelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengam pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang dinggunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Human yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keapsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan trigulasi. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Pola asuh yang diterapkan sebagian orang tua adalah pola asuh otoriter, memiliki perilaku sosial-emosi yang cenderung penurut, sedikit bicara, dan pendiam, mengaerjakan tugas anak tersebut lebih tepat waktu namun pada anak lain cenderung menunjukkan agfesif, dan mudah marah. (2) Pola asuh permisif, sosial-emosi yang ditunjukkan adalah mencari perhatian, kurang antusias dalam belajar, susah diatur dan mudah menangis.(3) Pola asuh demokrtis, memiliki perilku sosia-emosil yang aktif, mandiri, mudah berbagi, mudah bergaul cepat dalam mengerjakan tugas, gembira, ceria sedangkan memiliki jiwa pemimpin, mudah bergaul, dan aktif bertanya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163060 NORA DESI TRIANANDA |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 01:50 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 01:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55553 |
Actions (login required)
View Item |