ZAINUL MUTTAQIN, 126201202172 (2024) IMPLEMENTASI PPT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMK PGRI KI HADJAR DEWANTARA MUNJUNGAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (140kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (174kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi PPT dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Siswa di SMK PGRI Ki Hadjar Dewantara Munjungan Trenggalek” ditulis oleh Zainul Muttaqin, NIM. 126201202172, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Nurul Ihsannudin, Lc., M.Ag. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powerpoint, Pemahaman Siswa Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat informasi dari seluruh dunia semakin mudah dijangkau. Teknologi memegang peran penting dalam meningkatkan nilai dari suatu produk, termasuk dalam bidang pendidikan. Sayangnya, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih kurang yang dapat mengurangi efektivitas pembelajaran di kelas, membuat siswa kesulitan dalam memahami pembelajaran. Banyak pendidik atau institusi yang belm mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Kutipan “secanggih apapun teknologi tidak akan dapat menggantikan peran guru, tetapi guru yang enggan mengenal teknologi dia akan tergantikan”, seharusnya dapat menginspirasi para pendidik untuk lebih kreatif dalam menghadirkan suasana baru yang inovatif dalam pendidikan. Seperti halnya inovasi dalam media pembelajaran dapat menambah efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran dengan tujuan menambah pemahaman peserta didik terhadap materi. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan media PPT dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa di SMK PGRI Ki Hadjar Dewantara Munjungan Trenggalek? 2) Bagaimana pelaksanan pembelajaran dengan media PPT dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa di SMK PGRI Ki Hadjar Dewantara Munjungan Trenggalek? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan media PPT dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa di SMK PGRI Ki Hadjar Dewantara Munjungan Trenggalek?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan media PPT dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa di SMK PGRI Ki Hadjar Dewantara Munjungan Trenggalek, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan media PPT dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa di SMK PGRI Ki Hadjar Dewantara Munjungan Trenggalek, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dengan media PPT dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam siswa di SMK PGRI Ki Hadjar Dewantara Munjungan Trenggalek. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatid dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data melalui uji kepercarcayaan (credibility), uji keteralihan (transferbility), uji kebergantungan (dependability), dan uji kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini adalah: 1) perencanaan dan persiapan pembelajaran melalui perangkat dan media yang menarik sangatlah penting untuk meningkatkan efektivitas belajar. Penggunaan perangkat dan media, seperti media PPT yang diterapkan oleh Bapak Moh. Arif, terbukti membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan partisipasi mereka, dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif. Selain itu, media ini membantu mengatasi kendala yang mungkin muncul selama proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. 2) perangkat dan media pembelajaran yang terstruktur dengan baik memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam bagi peserta didik. Guru dapat lebih mudah membimbing, memastikan keterlibatan siswa, serta memberikan stimulus untuk membantu refleksi pemahaman siswa terhadap materi. Proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif, dengan kesempatan bagi siswa untuk bertanya dan mengeksplorasi materi. Evaluasi yang dilakukan selama pembelajaran memberikan umpan balik kepada guru untuk menentukan apakah tujuan pembelajaran telah tercapai, serta membantu merencanakan materi pada pembelajaran berikutnya. Pendekatan ini meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran sekaligus menciptakan suasana yang menarik bagi peserta didik. 3) Evaluasi pembelajaran menunjukkan bahwa penggunaan media PPT dapat meningkatkan pemahaman peserta didik secara signifikan dan membuat proses belajar lebih menarik serta partisipatif. Meski demikian, masih ada tantangan yang mengindikasikan kebutuhan akan perbaikan dan inovasi berkelanjutan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202172 ZAINUL MUTTAQIN |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:06 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55631 |
Actions (login required)
View Item |