SARI NUR AZIZZAH RAHAYUNINGSIH, 126201203226 (2024) PERAN GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (909kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (391kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (385kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Fikih dalam Meningkatkan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di MAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Sari Nur Azizzah Rahayuningsih, NIM. 126201203226, pembimbing Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci : Guru Fikih, Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di dalam dunia pendidikan. Pada zaman sekarang tidak sedikit manusia yang kehilangan karakter di dalam dirinya, khususnya karakter religius. Hal ini dipengaruhi oleh lingkungan dan perkembangan zaman yang semakin canggih dari masa ke masa membawa pengaruh cukup besar bagi manusia. Contohnya kemerosotan moral seperti tawuran pelajar, kurangnya rasa toleransi kepada sesama, dan sebagainya. Maka peran guru Fikih dalam pembentukan karakter religius sangat penting sebagai upaya melindungi siswa dari hal-hal negatif. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru fikih sebagai pendidik dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Trenggalek? (2) Bagaimana peran guru fikih sebagai motivator dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Trenggalek? (3) Bagaimana peran guru fikih sebagai teladan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MAN 2 Trenggalek?. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru fikih, kepala sekolah, dan siswa MAN 2 Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran guru fikih sebagai pendidik melakukan beberapa metode dan media pembelajaran yang bervariasi supaya siswa tidak mudah bosan dalam pembelajaran, serta menggunakan fasilitas yang mendukung pelaksanaan metode pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas (2) Peran guru fikih sebagai motivator memotivasi siswa dengan selalu memberikan dorongan semangat dan nasihat-nasihat yang membangun, memberikan apresiasi kepada siswa, bekerjasama dengan pihak lain untuk memotivasi siswa supaya siswa tidak bosan dengan ceramah guru, dan pemberian sanksi yang sifatnya mendidik (3) Peran guru fikih sebagai teladan yaitu selalu memberikan contoh dan menunjukkan keteladanan yang baik kepada siswa, menunjukkan keteladanan bersikap disiplin dan rajin ibadah, disiplin dalam aturan kerapian, bersikap sopan santun serta saling menghormati dan menghargai, serta tanggung jawab dalam membimbing,mendampingi serta melatih siswa baik saat shalat berjamaah maupun kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203226 SARI NUR AZIZZAH RAHAYU NINGSIH |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 06:52 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 06:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55663 |
Actions (login required)
View Item |