RISMA IZATUN NABELA, 126201203313 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 UDANAWU. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (664kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (231kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Keagamaan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Udanawu” ini ditulis oleh Risma Izatun Nabela, NIM. 126201203313, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Dr. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang sering dijumpai di lingkungan sekolah yaitu peserta didik yang rendah akhlaknya dan melanggar peraturan keagamaan, seperti tidak mengikuti pembiasaan sholat berjamaah, kurang hormat terhadap guru, tidak mempunyai etika dan sopan santun apalagi kepada orang yang lebih tua dan lain sebagainya. Dengan demikian perlu adanya strategi guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik. Strategi yang diterapkan guru PAI diharapkan dapat meningkatkan kesadaran peserta didik untuk berperilaku yang baik dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi pembelajaran afektif guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik di SMK Negeri 1 Udanawu? 2) Bagaimana hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan strategi pembelajaran afektif terhadap peserta didik? 3) Bagaimana dampak penerapan dari strategi pembelajaran afektif yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik dalam meningkatkan perilaku keagamaan? Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran afektif guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik di SMK Negeri 1 Udanawu. 2) Untuk mendeskripsikan hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan strategi pembelajaran afektif terhadap peserta didik. 3) Untuk mendeskripsikan dampak penerapan dari strategi pembelajaran afektif yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik dalam meningkatkan perilaku keagamaan. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Strategi pembelajaran afektif guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku keagamaan peserta didik di SMK Negeri 1 Udanawu yaitu dengan menggunakan strategi pembiasaan dan pemodelan/keteladanan. Pembiasaan yang dilakukan berupa berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca Al-Qur’an setiap pagi sebelum pembelajaran, sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah, sholat Jum’at bagi laki-laki dan kemuslimahan bagi perempuan serta PHBI. Sedangkan keteladanan yaitu dengan memberikan contoh untuk selalu berperilaku baik, sopan, santun, salam, sapa, dan berjabat tangan. 2) Hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan strategi pembelajaran afektif terhadap peserta didik berupa faktor internal, yaitu kurangnya kesadaran dan kemauan peserta didik dalam melaksanakan kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor eksternal berasal dari keluarga dan juga lingkungan belajar siswa yang berbeda. 3) Dampak penerapan dari strategi pembelajaran afektif yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik dalam meningkatkan perilaku keagamaan yaitu peserta didik memiliki kebiasaan untuk selalu berdo’a sebelum melakukan aktivitas, sholat menjadi tepat waktu, memiliki kesadaran untuk menjalankan ibadah, bersikap sopan, santun, salam, sapa, jujur, taat, religius dan menghormati orang lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Guru Pendidikan Islam Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203313 RISMA IZATUN NABELA |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:45 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55695 |
Actions (login required)
View Item |