PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYYAH AL AHSAN WONOCOYO POGALAN TRENGGALEK

ANNI RIZQI MAHMUDAH, 17205153143 (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYYAH AL AHSAN WONOCOYO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyyah Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek", yang ditulis oleh Anni Rizqi Mahmudah, NIM.17205153143. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing: Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Motivasi belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar. Latar belakang penelitian ini adalah beberapa kendala dalam proses pembelajaran, diantaranya sebagian peserta didik suka membuat gaduh di dalam kelas, banyak peserta didik yang mempunyai sikap acuh ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Alasannya adalah merasa tidak mampu dengan mata pelajaran yang sedang disampaikan dan menganggap belajar itu membosankan, peserta didik lebih suka bergurau ataupun main sendiri di dalam kelas. Maka kemudian penting adanya motivasi dan fasilitas belajar sebagai penunjang hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek Tahun angkatan 2021/2022?. 2) Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek Tahun angkatan 2021/2022?. 3) Adakah pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyyah Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek Tahun angkatan 2021/2022? Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Variabel dependen yang dimiliki penelitian ini adalah motivasi belajar dan fasilitas belajar, variabel independent yaitu hasil belajar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV. Dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 25 siswa dan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test dan paired sample t test. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyyah Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa motivasi belajar siswa memberikan pengaruh karena berhubungan dengan kemauan seseorang, adapun motivasi dapat ditumbuhkan oleh orang lain ataupun diri sendiri. 2) Ada pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyyah Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa fasilitas penting dalam menunjang proses pembalajaran yang dilaksanakan. 3) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan fasilitas terhadap hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyyah Al Ahsan Wonocoyo Pogalan Trenggalek. Hasil penelitian menjelaskan setidaknya terdapat 2 faktor yang memberikan pengaruh pada hasil belajar siswa. Dua faktor tersebut menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153143 ANNI RIZQI MAHMUDAH
Date Deposited: 28 Jan 2025 05:55
Last Modified: 28 Jan 2025 05:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55751

Actions (login required)

View Item View Item