PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK KOLABORATIF PADA KELAS VIII MTS AL-AZHAR PONGGOK BLITAR

DIMAS FAJAR PAMUNGKAS, 12210173030 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK KOLABORATIF PADA KELAS VIII MTS AL-AZHAR PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Kolaboratif pada Kelas VIII MTs Al-Azhar Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Dimas Fajar Pamungkas, NIM 12210173030, Dosen Pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran, Menulis, Puisi, Teknik Kolaboratif. Keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Ponggok Blitar masih sangat rendah. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis puisi yang cenderung membosankan dan monoton sehingga siswa kesulitan untuk memunculkan dan mengembangkan ide, serta mengekspresikan imajinasi yang akan dituangkan dalam puisi. Salah satu upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan menerapkan teknik kolaboratif dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi. Dengan teknik kolaboratif siswa dapat saling berkomunikasi, bertukar pikiran dan saling membantu dengan guru maupun siswa lainnya. Fokus pada penelitian ini ada dua yaitu vagaimana pembelajaran menulis puisi dengan Teknik kolaboratif pada siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Ponggok Blitar, dan bagaimana respons siswa terhadap pembelajaran menulis puisi dengan teknik kolaboratif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik kolaboratif pada siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Ponggok Blitar dan mendeskripsikan respons siswa dalam menulis puisi dengan teknik kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Desa Ponggok Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Ponggok Blitar dengan sampel berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan yaitu dengan data raduksi, pemaparan / penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan Teknik kolaboratif pada kelas VIII MTs Al-Azhar Ponggok Blitar sudah dilakukan sesuai dengan RPP. Hasil pembelajaran menulis puisi dengan Teknik kolaboratif juga sudah tercapai dengan cukup baik ditandai dengan perkembangan komunikasi siswa, mningkatnya kreatifitas siswa, dan keberanian siswa untuk membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Bahasa Dan Sastra > Puisi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173030 DIMAS FAJAR PAMUNGKAS
Date Deposited: 14 Feb 2025 02:33
Last Modified: 14 Feb 2025 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55930

Actions (login required)

View Item View Item