IMELDA YOGA PINKY, 12203183231 (2023) AN ANALYSIS OF DEIXIS USED IN MOTIVATIONAL SPEECH BY ARNOLD SCHWARZENEGGER. [ Skripsi ]
![]() |
Text
Cover.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
Abstrack.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
Abstract
ABSTRAK Pinky, Imelda Yoga. NIM. 12203183231. 2022. An Analysis of Deixis Used In Motivational Speech by Arnold Schwarzenegger. Skripsi. Tadris Bahasa Inggris. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri (UIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Hj. Nanik Sri Rahayu, M.Pd. Keywords: Deiksis, Pidato Motivasi, Arnold Schwarzenegger Bahasa adalah hal yang sangat penting, baik dalam percakapan sehari-hari, pendidikan, iklan, atau bahkan hiburan. Masalah yang paling sering terjadi didalam bahasa adalah pembicara dan pendengar mengalami kesalahpahaman mengenai makna dari sebuah kalimat dan kata yang berkaitan dengan konteks situati. Maka dari itu, pembicara dan pendengar harus memahami makna bahasa satu sama lain. Ketika pendengar memahami konteksnya, maka bahasa bisa diinterpretasikan dengan baik. Dengan deixis, komunikasi akan berjalan karena baik pembicara dan orang yang diajak bicara mengerti apa yang sedang dibicarakan. Penulis ingin mengetahui bagaimana deiksis bekerja dalam pidato motivasi. Pidato adalah komunikasi yang disampaikan oleh seorang pembicara kepada penonton atau pendengar dalam suatu acara. Ditandai dengan mengetahui arti kata deiktik dalam deiksis karena pembicara mungkin memiliki banyak maksud dalam pidatonya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) apa saja jenis deixis yang digunakan dalam video motivasi oleh Arnold Schwarzenegger? dan 2) apa saja rujukan dari deiksis yang digunakan dalam video motivasi oleh Arnold Schwarzenegger? Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisa jenis deiksis dalam video motivasi oleh Arnold Schwarzenegger dengan menggunakan teori Levinson. Pidato ini telah ditulis oleh Channel MotivationHub di YouTube. Teknik pengumpulan datanya adalah mencari video pidato, menonton video pidato, menulis naskah pidato, mengidentifikasi pidato berdasarkan teori Levinson, menemukan rujukan dari setiap kata deiktik, dan membuat tabel dari data yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima jenis deiksis yang digunakan dalam video motivasi Arnold Schwarzenegger ini. Ada 244 kata deiktik yang dapat diidentifikasi oleh penulis dengan 40 rujukan. Hasil ini menunjukkan deiksis orang pertama sebagai jenis deiksis yang paling dominan, Arnold Schwarzenegger sebagai rujukan yang dominan, dan diikuti oleh penonton sebagai rujukan paling dominan kedua. Dapat disimpulkan bahwa dalam video motivasi Arnold Schwarzenegger, ia menempatkan dirinya sebagai pusat deiksis, terbukti dari Arnold adalah satu-satunya pembicara dalam pidato ini dan berbicara mengenai perjuangan dan pengalaman dalam hidupnya sendiri. Penonton sebagai rujukan dominan kedua ditempatkan dekat dengan pusat deiksis karena penonton merupakan elemen penting dalam suatu acara.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | 12203183231 IMELDA YOGA PINKY |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 02:30 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |