PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG

ARINA MANA SIKANA, 126208202044 (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (647kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang” ditulis oleh Arina Mana Sikana, NIM. 126208202044, dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd. M.M. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif , Problem Based Learning, Sistem Pernapasan Model pembelajaran digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif, memfasilitasi pemahaman siswa, dan mendorong perkembangan keterampilan yang diinginkan. Model Problem Based Learning (PBL) dalam konteks pendidikan sains diharapkan mampu mendorong pemahaman konsep sains, pengembangan keterampilan proses sains (KPS), serta penerapan pengetahuan dalam situasi kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang pada materi sistem pernapasan pada manusia (2) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang pada materi sistem pernapasan pada manusia (3) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang pada materi sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu, uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji manova. Hasil penelitian: (1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII dalam mempelajari materi sistem pernapasan manusia. Analisis data menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal dan homogenitas. Dengan menggunakan uji Independent sampel T-Test, ditemukan bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05, (2) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII dalam materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan uji Independent sampel T-Test, memperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05,. (3) Model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains ditunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202044 ARINA MANA SIKANA
Date Deposited: 14 Feb 2025 01:34
Last Modified: 14 Feb 2025 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55948

Actions (login required)

View Item View Item