ARINA MANA SIKANA, 126208202044 (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII MTS ASSYAFI'IYAH GONDANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (647kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang” ditulis oleh Arina Mana Sikana, NIM. 126208202044, dosen pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd. M.M. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif , Problem Based Learning, Sistem Pernapasan Model pembelajaran digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif, memfasilitasi pemahaman siswa, dan mendorong perkembangan keterampilan yang diinginkan. Model Problem Based Learning (PBL) dalam konteks pendidikan sains diharapkan mampu mendorong pemahaman konsep sains, pengembangan keterampilan proses sains (KPS), serta penerapan pengetahuan dalam situasi kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang pada materi sistem pernapasan pada manusia (2) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan proses sains kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang pada materi sistem pernapasan pada manusia (3) Untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains kelas VIII MTs Assyafi’iyah Gondang pada materi sistem pernapasan pada manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu, uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji manova. Hasil penelitian: (1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif siswa kelas VIII dalam mempelajari materi sistem pernapasan manusia. Analisis data menunjukkan bahwa data memiliki distribusi normal dan homogenitas. Dengan menggunakan uji Independent sampel T-Test, ditemukan bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05, (2) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII dalam materi sistem pernapasan manusia dengan menggunakan uji Independent sampel T-Test, memperoleh nilai Sig 0,000 < 0,05,. (3) Model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains ditunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208202044 ARINA MANA SIKANA |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 01:34 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 01:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/55948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |