NANDA TAUFIKASARI, 2811133192 (2017) STRATEGI GURU PAI DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (226kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (179kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (178kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Pada Siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nanda Taufikasari, NIM.2811133192, pembimbing H.Muh Nurul Huda M.A. Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Kepribadian Muslim Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak dan remaja yang melakukan pelanggaran norma-norma agama dan etika. Ini yang disebabkan kurangnya pendidikan keagamaan sehingga kualitas hasil pembelajaran pun masih diragukan. Pendidikan memiliki peranan penting dalam membentukan kepribadian seseorang. Demikian pula pendidikan agama islam memiliki peranan penting dalam membentukan kepribadian seseorang, terutama kepribadian yang berdasarkan nilai-nilai agama islam. Dalam hal ini peneliti membahas strategi guru PAI dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru PAIdalam membentuk kepribadian muslim melalui pembiasaan pada siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung ? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam membentuk kepribadian muslim melalui nasehat pada siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung ? (3) Bagaimana strategi guru PAI dalam kepribadian muslim melalui perhatian pada siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membentuk kepribadian muslim melalui pembiasaan pada siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung, untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membentuk kepribadian muslim melalui nasehat pada siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung, untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membentuk kepribadian muslim melalui perhatian pada siswa di SMA Negeri 1 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMA Negeri 1 Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu sekolah, bagi guru PAI untuk lebih menambah strategi dalam membentuk kepribadian muslim melalui pembiasaan, nasehat dan perhatian kepada anak didik, bagi para pembaca/peneliti yang lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekuder, sumber data primer didapatkan dari wawancara dengan Kepala Sekolah, guru-guru yang bersangkutan, sedangkan sumber data sekunder didapat dari hasil observasi dan dokumentasi Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam digunakan untuk mencari data sedetail-detailnya dengan cara melakukan dialog secara tak berstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat secara langsung yang terjadi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan sebenarnya yang terjadi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data atau display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi guru PAI dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa melalui pembiasaan ini dengan membiasakan norma 5 s (senyum, salam, sapa, sopan dan santun).Sedangkan strategi guru PAI dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa melalui nasehat ini dengan memberikan nasehat melalui metode ceramah dengan cerita para Nabi dan Rasul memberikan motivasi anak didik agar tidak malas belajar. Kemudian guru PAI dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa melalui perhatian ini melalui metode tanya jawab agar anak didik lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran, mengadakan kegiatan keagamaan (pondok romadhon) serta memberikan sansi tegas dengan memanggil wali murid ke sekolah kepada anak didik yang melanggar tata tertib sekolah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133192 NANDA TAUFIKASARI |
Date Deposited: | 31 Jul 2017 02:15 |
Last Modified: | 31 Jul 2017 02:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5603 |
Actions (login required)
View Item |