M.ALI ILHAM MUDIN, 1880501220026 (2024) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang dan Madrasah Aliyah (MAN) Negeri 4 Jombang). [ Thesis ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di lembaga pada dua Multisitus Madrasah Aliyah Negeri (MAN), yaitu MAN 3 Jombang dan MAN 4 Jombang. Penelitian ini berfokus pada upaya kepala madrasah dalam membangun dan memberikan motivasi terhadap kinerja guru guna mengingkatkan kinerja guru di lembaga tersebut. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana Motivasi Ekstrinsik kepala madrasah dalam Bentuk Kebijakan dan Administrasi untuk Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 3 Jombang dan MAN 4 Jombang? (2) Bagaimana Motivasi Ekstrinsik kepala madrasah dalam Bentuk Penggajian untuk Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 3 Jombang dan MAN 4 Jombang? (3) Motivasi Ekstrinsik kepala madrasah dalam Bentuk Penghargaan untuk Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 3 Jombang dan MAN 4 Jombang?. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi multisitus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait, observasi partisipatif, dan analisis dokumen terkait peran kepala madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah sebagai Motivator memiliki peran yang signifikan dalam kinerja guru di lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 3 Jombang dan Madrasah Aliyah Negeri 4 Jombang: (1) Implementasi kebijakan dan administrasi untuk memngembangkan guru secara individu dan memanfaatkan tehnologi yang disediakan oleh pemerintah, implementasi kebijakan dan admininstrasi untuk mengembangkan kinerja guru dengan memberikan pelatihan secara menyeluruh yang melibatkan guru, pegawai, tenaga kependidikan dan wakil kepala madrasah. Tujuan ini guna memberikan wawasan terhadap pengembangan madrasah, membangun pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan potensi anak-anak, serta memberikan dukungan yang berkelanjutan. (2) Melalui prosedur penggajian pada daftar hadir, pembuatan gaji dan pemberian gaji ini, dan dapat memberikan kebutuhan sesuai dengan kemampuan yang diberikan untuk kebutuhan premier guru. Hal ini juga mendorong guru dalam mengingkatkan kinerja guru melalui pemberian gaji sesuai dengan prosedur yang dikelola dengan baik. (3) Penghargaan bagi peserta didik dan guru dalam mengembangkan pembelajaran dan kinerjanya melalui rapat yang melibatkan kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan pimpinan yayasan. Dalam memberikan penghargaan juga terhadap guru dengan dorongan dalam mengembangkan melalui program madrasah serta memberikan penghargaan guru dengan kriteria dalam kecakapan dan kerjasama antara guru dan pegawai sesuai dengan rapat antara kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan pimpinan yayasan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220026 M.ALI ILHAM MUDIN |
Date Deposited: | 03 Mar 2025 04:44 |
Last Modified: | 03 Mar 2025 04:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |