MUHAMMAD FAKHRI VERDYANSAH, 126207203127 (2024) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SMAN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepemimpinan Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Di SMAN 1 Srengar Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Fakhri Verdyansah, NIM. 126207203127, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Masduki. M Ag. Kata Kunci: Kepala Tata Usaha, Strategi Peningkatan Kinerja, Manajemen Administrasi Keberhasilan institusi pendidikan sangat bergantung pada kualitas kepemimpinan, terutama peran Kepala Tata Usaha sebagai manajer administratif yang berfungsi mengelola sumber daya manusia, keuangan, dan operasional. Peran Kepala Tata Usaha dieksplorasi melalui tiga aspek: kepemimpinan, kinerja tenaga kependidikan, dan strategi peningkatan kinerja. Temuan menunjukkan bahwa Kepala Tata Usaha berperan penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif, pembagian tugas yang sesuai, serta penyediaan motivasi yang berdampak pada peningkatan kinerja tenaga kependidikan. Strategi yang diterapkan meliputi pendekatan manajemen personal, pemberian umpan balik, dan penguatan kerjasama. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Tata Usaha yang efektif berdampak signifikan terhadap mutu pelayanan administrasi dan pencapaian tujuan pendidikan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana director setter atau penentu arah Peran Kepemimpinan Kepala Tata Usaha di SMAN Negeri 1 Srengat Blitar ? (2) Bagaimana change agent atau agen perubahan Peran Kepemimpinan Kepala Tata Usaha di SMAN Negeri 1 Srengat Blitar ? (3) Bagaimana spoken person atau juru bicara Peran Kepemimpinan Kepala Tata Usaha di SMAN Negeri 1 Srengat Blitar ? Adapun tujuan penelitian ini diantaranya adalah (1) Untuk Memaparkan director setter atau penentu arah Peran Kepemimpinan Kepala Tata Usaha di SMAN Negeri 1 Srengat Blitar (2) Untuk Memaparkan change agent atau agen Peran Kepemimpinan Kepala Tata Usaha di SMAN Negeri 1 Srengat Blitar (3) Untuk Memaparkan spoken person atau juru bicara Peran Kepemimpinan Kepala Tata Usaha di SMAN Negeri 1 Srengat Blitar Adapun metode yang peneliti gunakan ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kaualitatif dengan jenis studi kasus (Case Study), yaitu dengan informasi berupa huruf atau kata kata bukan angka. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Srengat. Menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi sebagai metode pengumpulan datanya, analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik yang dikemukanan Patton yang dikutip oleh Ahmad Tanzeh meliputi pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi, sedangkan untuk uji keabsahan data dijamin melalui perpanjangan keikutsertaan, keajekan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Informan dalam penelitian ini adalah kepala tata usaha, wakil kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Srengat. Kepala Tata Usaha selalu memberikan arahan yaitu kritik dan saran yang membangun serta membantu tenaga kependidikan yang kesusahan dalam pengerjaan tugas dan kepala tata usaha di SMA Negeri 1 Srengat juga menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dengan tidak adanya jarak antara atasan dan bawahan, sehingga jika tenaga kependidikan mengalami kesulitan tidak harus sungkan- sungkan untuk bertanya dan meminta solusi kepada kepala tata usaha. Kinerja tenaga kependidikan sudah baik yaitu 90%. Kepala tata usaha sangat berperan penting dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan karena ia merupakan pemimpin sekaligus yang bertanggung jawab atas semua pekerjaan tenaga kependidikan. Terdapat juga faktor pendukung dan penghambat dalam kinerja. Untuk faktor pendukung yaitu: pembagian tugas sesuai keahlian, selau memotivasi pegawai untuk rajin dan disiplin kerja, menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, kondusif dan hubungan kerja yang harmonis. Sedangkan faktor penghambatnya mementingkan kepentingan sendiri, tidak mau menerima kritik dan saran. Untuk menilai kinerja kepala tata usaha di SMA Negeri 1 Srengat dilihat dari disiplin kerja, ketepatan pengumpulan tugas, semangat bekerja, hasil tugas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203127 MUHAMMAD FAKHRI VERDYANSAH |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 06:36 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 06:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |