ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR DI SDN TEPAS 02 BLITAR

AULIA LUHUR INDRASWARI, 126205203247 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH LUAS BANGUN DATAR DI SDN TEPAS 02 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Luas Bangun Datar di SDN Tepas 02 Blitar,” ini ditulis oleh Aulia Luhur Indraswari, NIM 126205203247, Pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, luas bangun datar, geometri, SDN Tepas 02 Blitar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, khususnya pada materi luas bangun datar. Geometri merupakan salah satu pilar utama dalam matematika yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Kurangnya pemahaman siswa terhadap luas bangun datar akan berdampak pada kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan konsep geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan hasil tes yang tinggi, 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan hasil tes yang rendah, dan 3) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan hasil tes yang rendah. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas IV SDN Tepas 02 Blitar, dengan pengelompokan 2 siswa dengan hasil tes tinggi, 2 siswa dengan hasil tes sedang, dan 2 dengan hasil tes rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan hasil tes tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dan mampu memenuhi semua indikator pemecahan masalah, 2) Siswa dengan hasil tes sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari siswa dengan hasil tes sedang, di mana ia mampu memenuhi 2-3 indikator pemecahan masalah, dan 3) Siswa dengan hasil tes rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah juga, di mana ia mengalami kesulitan di setiap tahap pemecahan masalah. Mereka hanya mampu memenuhi 1 indikator atau bahkan tidak sama sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Buku
Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203247 AULIA LUHUR INDRASWARI
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:39
Last Modified: 06 Mar 2025 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56209

Actions (login required)

View Item View Item