ALFIN NURMALA SARI, 126201202099 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN ETIKA DAN ADAB SISWA DI SMK NEGERI 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah pokok yang sangat menonjol. Saat dewasa ini adalah kaburnya nilai-nilai etika dan adab di mata generasi muda. Mereka dihadapkan kepada berbagai kontradiksi dan aneka ragam pengalaman moral, yang menyebabkan mereka bingung untuk memilih mana yang baik untuk mereka. Karena kehidupan yang semakin maju dan modern serta aneka ragam kebudayaan asing yang masuk seolah-olah tanpa saringan membuat anak menjadi terombang-ambing dalam proses pembentukan kepribadian. Apa yang mereka dapatkan dari sekolah terkadang bertentangan dengan apa yang terjadi di lingkungan sosialnya, dan itu membuat anak menjadi lebih sulit untuk membentuk kepribadian yang baik. Fokus penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan etika dan adab siswa di SMKN 1 Udanawu Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan Hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan etika dan adab siswa di SMKN 1 Udanawu Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan Implikasi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan etika dan adab siswa di SMKN 1 Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi strategi guru PAI dalam pembinaan etika dan adab siswa di SMKN 1 Udanawu Blitar meliputi pengarahan, keteladanan, dan pembiasaan (2) Hambatan strategi guru PAI dalam pembinaan etika dan adab siswa di SMKN 1 Udanawu Blitar meliputi latar belakang keluarga yang berbeda-beda, dan lingkungan mayarakat yang kurang mendukung (3) Implikasi strategi guru PAI dalam pembinaan etika dan adab siswa di SMKN 1 Udanawu Blitar adalah adanya perubahan yang baik terhadap sikap, tingkah laku serta kedisiplinan pada saat di sekolah maupun di rumah. Semakin minimnya anak membolos, tidak masuk dan mengabaikan tugas. Orangtua siswa lebih sering datang ke sekolah untuk berkonsultasi guna memantau perkembangan anaknya. Siswa mulai sadar dan lebih sopan dalam berbicara.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202099 ALFIN NURMALA SARI |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 23:30 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 23:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |