DENI NURFITASARI, 2817133025 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (731kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Deni Nurfitasari, NIM 2817133025. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo M.Pd. Kata kunci: Model Kooperatif, Index Card Match, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Aqidah Akhlak di madrasah yang belum kondusif, dikarenakan guru belum menerapkan metode yan sesuai dengan situasi dan kondisi sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik yang belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peningkatan kerjasama peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi perilaku terpuji terhadap kedua orang tua kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi perilaku terpuji terhadap kedua orang tua kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi perilaku terpuji terhadap kedua orang tua kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi perilaku terpuji terhadap kedua orang tua kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi perilaku terpuji terhadap kedua orang tua kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. 3) Untuk memaparkan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi perilaku terpuji terhadap kedua orang tua kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan maka telah terjadi peningkatan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe index card match. Hal ini dibuktikan berdasarkan pengamatan 1) keterampilan peneliti meningkat dari 74,28% dengan kategori baik pada siklus satu menjadi 88,87% dengan kategori sangat baik pada siklus dua. 2) kerjasama peserta didik meningkat dari 2,25 dengan kategori cukup pada siklus satu menjadi 3,12 dengan kategori sangat baik pada siklus dua. 3) Keaktifan belajar peserta didik meningkat dari 71,42% dengan kategori cukup pada siklus satu menjadi 87,14% dengan kategori sangat baik. 4) ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan ditunjukkan prosentase hasil belajar 20,70% dengan kategori sangat kurang pada tes awal (pre test) setelah mendapat penanganan pada siklus satu hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 65,61% dengan kategori baik. Pada siklus dua hasil belajar meningkat lagi menjadi 89,96% dengan kategori sangat baik. Dari hasil belajar pada siklus dua telah menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas tiga MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133025 DENI NURFITASARI |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 07:26 |
Last Modified: | 02 Aug 2017 07:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5630 |
Actions (login required)
View Item |