PENGARUH MEDIA AJAR KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 11 BLITAR

VONNY APRILIA EKA SAPUTRI, 126205201073 (2024) PENGARUH MEDIA AJAR KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (662kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 11 Blitar dalam mata pelajaran tertentu. Penggunaan media pembelajaran konvensional kurang mampu menarik minat siswa, sehingga dibutuhkan inovasi melalui media digital interaktif. Kahoot, sebagai platform kuis berbasis permainan, diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini difokuskan untuk menguji pengaruh penggunaan media ajar Kahoot terhadap motivasi belajar, hasil belajar, serta dampak gabungan pada kedua aspek tersebut. Kajian ini bertujuan untuk memberikan solusi inovatif dalam pembelajaran yang sesuai dengan era digital, sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh media ajar Kahoot terhadap motivasi belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh media ajar Kahoot terhadap hasil belajar siswa, dan (3) menganalisis dampak gabungan penggunaan media ajar Kahoot pada motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 11 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas IV yang dibagi ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan tes, kemudian dianalisis untuk melihat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Data yang dikumpulkan mencakup peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah intervensi menggunakan Kahoot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan Kahoot secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat dari peningkatan antusiasme dan partisipasi aktif mereka selama pembelajaran; (2) media ajar Kahoot juga berdampak positif pada hasil belajar siswa, terbukti dari nilai post-test yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol; dan (3) secara simultan, Kahoot memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa, yang mengindikasikan bahwa media ini efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Kata Kunci: Kahoot, Media Ajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Kelas IV

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Sumber Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201073 VONNY APRILIA EKA SAPUTRI
Date Deposited: 21 Mar 2025 01:45
Last Modified: 21 Mar 2025 01:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56446

Actions (login required)

View Item View Item