EFEKTIVITAS STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 MI RIYADLOTUL UQUL D OROAMPEL TULUNGAGUNG

RATNA DEWI WULANDARI, 126205203232 (2024) EFEKTIVITAS STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 MI RIYADLOTUL UQUL D OROAMPEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Strategi Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas 4 MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung” ini ditulis oleh Ratna Dewi Wulandari, NIM: 126205203232. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Hafidz Rosyidiana, M.Pd Kata Kunci: Efektivitas, Giving Question, Getting Answer Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri dan membentuk sikap positif seperti toleransi dan tanggung jawab. Metode konvensional sering membuat peserta didik merasa jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas yang membuat kualitas belajar mereka menurun, sehingga peneliti mencoba untuk menerapkan strategi Giving Question and Getting Answer (GQGA) yang melibatkan peserta didik dalam membuat dan menjawab pertanyaan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kualitas hasil belajarnya. Penelitian ini akan menguji efektivitas Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung, karena dalam realitanya peserta didik sering enggan menyatakan kesulitan mereka khususnya dalam pelajaran IPAS. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pelajaran IPAS kelas 4 MI Riyadlotul Uqul Doroampel Tulungagung sebelum dan seudah diterapkan strategi pembelajaran Giving Questions And Getting Answer? (2) Apakah penerapan strategi Giving Questions And Getting Answer efektif terhadap peningkatan hasil belajar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, populasi penelitian ini adalah satu kelas 4 yang berjumlah 23 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Non probability jenis purposive sampling diberikan perlakuan pretest dan postest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan strategi Giving Question and Getting Answer menunjukkan hasil yang yang signifikan. Dimana rata-rata hasil belajar (mean) dari nilai Pretest yaitu sebesar 64,78. Sedangkan nilai hasil belajar peserta didik sesudah diterapkan strategi Giving Question and Getting Answer menunjukkan peningkatan. Diketahui dari nilai rata-rata posttest sebesar 85.43. Ditunjukkan dengan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05. (2) strategi Giving Question and Getting Answer terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dimana terdapat peningkatan nilai hasil belajar siswa dari yang sebelumnya rata-rata hasil belajar 64.78 menjadi 85.43. Ditunjukkan dengan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi Giving Question And Getting Answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203232 RATNA DEWI WULANDARI
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:51
Last Modified: 26 Mar 2025 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56479

Actions (login required)

View Item View Item