STRATEGI PEMBELAJARAN BEYOND, CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

TAMARA PUTRI MAHARANI, 128505203027 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN BEYOND, CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Beyond, Center And Circle Time (BCCT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa (Studi Multisitus di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung dan SDN 2 Sawo Campurdarat Tulungagung) ditulis oleh Tamara Putri Maharani NIM. 128505203027, Pembimbing I Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. H. Imam Junaris, M.H.I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Beyond, Center, and Circle Time (BCCT), Hasil Belajar Siswa Strategi pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat dan SDN 2 Sawo Campurdarat merupakan suatu Pembelajaran yang diarahkan kepada pembelajaran yang mengasikkan, belajar sambil bermain dan belajar secara kelompok dengan mengaitkan pengalaman yang dimiliki siswa guna meningkatkan hasil belajar siswa di kelas 1. Sejalan dengan keadaan siswa di kelas 1 yang masih terbawa sistem belajar seperti di TK atau Paud yang cenderung pembelajarannya lebih banyak mengaitkan dengan sebuah permainan. maka dari itu sekolah mengadakan pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) pada kelas 1 supaya dalam proses belajar siswa akan terus bersemangat dan bisa meningkatkan dari hasil belajar siswa. Fokus Dalam Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung dan SDN 2 Sawo Campurdarat Tulungagung?; (2) Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat dan SDN 2 Sawo Campurdarat?’(3) Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat dan SDN 2 Sawo Campurdarat?; (4) Bagaimana strategi evaluasi pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat dan SDN 2 Sawo Campurdarat? Metodologi penelitian ini menggunakan data kualitatif yang merupakan suatu pendekatan dalam melakukan penelitian berorientasi pada penomena atau gejala yang bersifat alami yang biasa disebut dengan Field study atau Naturalistic inquiry jenis Studi Multisitus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Kemudian data dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus, Dilanjutkan dengan penyusunan proposisi lintas kasus. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan Triangulasi teknik.vi Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan Bahwa: 1) Adapun strategi pengorganisasian pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa antara lain pertama pengorganisasian isi pelajaran yaitu pengorganisasian isi pelajaran secara keseluruhan dan perencanaan isi setiap materi. Kedua, pengorganisasian RPP dan ketiga, pengorganisasian media dan metode pembelajaran. Keempat, pengorganisasiam sistem pembelajaran.; 2) Strategi penyampaian pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat dan SDN 2 Sawo Campurdarat berpusat pada sentra dan menggunakan tiga pijakan. Adapun tiga pijakan itu akan mengembangkan potensi anak dalam bermain, yaitu pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan sesudah main 3) Strategi Pengelolaan pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat dan SDN 2 Sawo Campurdarat dengan melakukan penataan lingkungan belajar agar pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) berlangsung dengan lancar dan baik. Dan dalam penyusunan jadwal bisa di sesuaikan dengan kebutuhan siswa sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan efektif. 4) Strategi Evaluasi pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) Hasil dari pembelajaran beyond, center and circle time (BCCT) tersebut menunjukkan karakter, kreatifitas, hubungan antar siswa dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203027 TAMARA PUTRI MAHARANI
Date Deposited: 16 Apr 2025 01:28
Last Modified: 16 Apr 2025 01:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56535

Actions (login required)

View Item View Item