ALVIN ZAKIATUN NASIKHAH, 126210202045 (2024) GAYA BAHASA PADA ANTOLOGI PUISI DIALOG DUA KOTA DI KAKI LANGIT KARYA SISWA-SISWI MA AL-HIKMAH PURWOASRI 2018 SEBAGAI BAHAN AJAR MENULIS PUISI PADA KELAS VIII SMP. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Gaya Bahasa Pada Antologi Puisi Dialog Dua Kota Di Kaki Langit Karya Siswa-Siswi MA Al-Hikmah Purwoasri 2018 Sebagai Bahan Ajar Menulis Puisi Pada Kelas Viii Smp " ini ditulis oleh Alvin Zakiatun Nasikhah, NIM 126210202045, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd., Kata Kunci: Gaya Bahasa, Antologi Puisi, Bahan Ajar Menulis Puisi Gaya bahasa merupakan cara mengungkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlihatkan jiwa dan kepribadian penulis (pemakai bahasa). Saat membuat puisi, gaya bahasa digunakan untuk menyampaikan maksud penulis seperti pada buku antologi puisi yang sangat banyak menggunakan gaya bahasa untuk mengungkapkan maksud melalui kata-kata kedalam setiap bait dan baris pada puisi. Pemakaian gaya bahasa juga menunjukkan kekayaan kosakata pemakainya, itulah sebabnya pembelajaran gaya bahasa merupakan suatu teknik penting untuk mengembangkan kosakata peserta didik. Rumusan Masalah pada penelitian ini yakni: (1) Bagaimana penggunaan gaya bahasa pada buku antologi puisi Dialog Dua Kota di Kaki Langit karya Siswa-Siswi MA Al-Hikmah Purwoasri 2018? (2) Bagaimana penggunaan gaya bahasa dalam antologi puisi Dialog Dua Kota di Kaki Langit karya Siswa-Siswi MA Al-Hikmah Purwoasri 2018 sebagai bahan ajar menulis puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas VIII SMP? Tujuan penelitian ini yakni: (1) Mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam buku antologi puisi Dialog Dua Kota di Kaki Langit karya Siswa-Siswi MA Al-Hikmah Purwoasri 2018. (2) Mendeskripsikan hasil penggunaan gaya bahasa dalam antologi puisi Dialog Dua Kota di Kaki Langit karya Siswa-Siswi MA Al-Hikmah Purwoasri 2018 sebagai bahan ajar menulis puisi siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan Conclusion Drawing. Pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Gaya bahasa yang terdapat pada antologi puisi puisi Dialog Dua Kota di Kaki Langit Karya Siswa-Siswi MA Al-Hikmah Purwoasri 2018 meliputi gaya bahasa perbandingan, yaitu perumpamaan, metafora, dan personifikasi, gaya bahasa pertentangan yaitu, hiperbola, litotes, dan oksimoron, gaya bahasa pertautan, yaitu gradasi dan erotesis, gaya bahasa perulangan, yaitu asonansi, anafora, dan epanalepsis. Dari beberapa ragam gaya bahasa tersebut yang paling sering digunakan adalah gaya bahasa asonansi sebanyak dua puluh kali, hiperbola sebanyak tujuh kali, metafora sebanyak enam kali. Penggunaan gaya bahasa pada antologi puisi tersebut secara keseluruhan menambah nilai estetika pada tiap bait sehingga lebih berkesan. (2) Antologi puisi Dialog Dua Kota di Kaki Langit Karya Siswa-Siswi MA Al-Hikmah Purwoasri 2018 sebagai bahan ajar pada pembelajaran menulis puisi pada kelas VIII, tidak terdapat kriteria tertentu dalam penggunaan bahan ajar. Pada tujuan pembelajaran yang dipelajari oleh peserta didik, yaitu 8.4 (8.4.1, 8.4.2, 8.4.3, 8.4.4) peserta didik dapat menulis teks puisi secara runtut dan sistematis berdasarkan struktur. Pada pembelajaran, antologi puisi dapat digunakan sebagai bahan ajar dikarenakan memenuhi kriteria sebagai bahan ajar, yaitu relevan dengan tujuan pembelajaran serta berguna dan baik bagi perkembangan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202045 ALVIN ZAKIATUN NASIKHAH |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 02:16 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56566 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |