RINDA DWI KURNIAWATI, 17201153144 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN ASWAJA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Aswaja dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMK Islam 1 Durenan” ini ditulis oleh Rinda Dwi Kurniawati, NIM. 17201153144, pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., NIP 198108012009121004. Kata Kunci: Pembelajaran Aswaja, religiusitas, pemahaman Penelitian ini di latar belakangi oleh pentingnya upaya perbaikan religiusitas siswa untuk memperbaiki kualitas moral dan akhlaknya, yang salah satunya dapat ditempuh melalui pembelajaran Aswaja di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Untuk mengkaji bagaimana strategi yang di gunakan guru dalam pembelajaran Aswaja untuk meningkatkan perilaku religius peserta didiknya. Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui metode pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan sikap dan perilaku religiusitas siswa di SMK Islam 1 Durenan, (2) Untuk mengetahui strategi pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan sikap dan perilaku religiusitas siswa di SMK Islam 1 Durenan, dan (3) Untuk mengetahui hasil pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan sikap dan perilaku religiusitas siswa di SMK Islam 1 Durenan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMK Islam 1 Durenan. Objek penelitian ini, yaitu berupa strategi pembelajaran aswaja dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMK Islam 1 Durenan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triagulasi, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Metode pembelajaran Aswaja yang digunakan dalam meningkatkan sikap dan perilaku religiusitas siswa adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan latihan; (2) Strategi pembelajaran Aswaja yang diterapkan dalam meningkatkan sikap dan perilaku religiusitas siswa adalah strategi pembelajaran kontekstual; (3) Hasil pembelajaran Aswaja dalam meningkatkan sikap dan perilaku religiusitas siswa diwujudkan dalam perilaku siswa yang terbiasa melakukan amaliyah Ahlussunnah wal Jama’ah, serta pemahaman dan penerapan sikap dan perilaku sesuai nilai Aswaja, yaitu tawasuth, tasamuh, tawazun, i’tidal dan amar ma’ruf nahi munkar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153144 RINDA DWI KURNIAWATI |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:05 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 02:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |