PENGARUH AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER KIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI MTS HIDAYATUS SHOLIHIN KEDIRI

HUSNIALFI WAHYUNINGRUM, 126208202051 (2024) PENGARUH AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER KIR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI MTS HIDAYATUS SHOLIHIN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (561kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler KIR Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di MTs Hidayatus Sholihin Kediri” ini ditulis oleh Husnialfi Wahyuningrum, NIM 126208202051, Pembimbing : Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata kunci : Aktivitas ekstrakurikuler KIR, hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh aktivitas kegiatan ekstrakurikuler KIR terhadap hasil belajar IPA siswa MTs Hidayatus Sholihin Kediri dan 2) mengetahui besarnya pengaruh aktivitas ekstrakurikuler KIR terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di MTs Hidayatus Sholihin Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa MTs Hidayatus Sholihin Kediri yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler KIR dan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler KIR, masing-masing 44 siswa yang dipilih secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes uraian berupa tes evaluasi pembelajaran awal (Pre-Test) dan tes evaluasi akhir pembelajaran (Post-Test). Analisis data dilakukan menggunakan uji mann whitney dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen (siswa KIR) dan kelas kontrol (siswa non KIR). Pengaruh pada aktivitas ekstrakurikuler KIR terhadap hasil belajar IPA dapat disimpulkan dengan hasil perhitungan pada uji mann whitney dengan nilai sig. (2 tailed) 0,000 yang berarti <0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa KIR dan non-KIR. Hal ini menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, kedua kelompok sudah memiliki kemampuan awal yang berbeda, 2) Besarnya pengaruh aktivitas ekstrakurikuler KIR terhadap hasil belajar IPA siswa di MTs Hidayatus Sholihin Kediri pada hasil perhitungan Nilai Cohen’s d menunjukkan kriteria angka sebesar 0,88 yang menunjukkan bahwa aktivitas ekstrakurikuler KIR memiliki dampak yang sangat besar terhadap hasil belajar IPA siswa di MTs Hidayatus Sholihin Kediri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler KIR dengan yang hanya menerima materi pembelajaran IPA di kelas hal tersebut telah dibuktikan pada hasil belajar IPA siswa MTs Hidayatus SHolihin Kediri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208202051 HUSNIALFI WAHYUNINGRUM
Date Deposited: 23 Apr 2025 03:14
Last Modified: 23 Apr 2025 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56724

Actions (login required)

View Item View Item