PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SISWA PADA ISU-ISU LINGKUNGAN MADRASAH DI MTSN 5 TULUNGAGUNG

ULFATUN NADHIFAH, 126209203119 (2024) PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SISWA PADA ISU-ISU LINGKUNGAN MADRASAH DI MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (601kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (478kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru IPS dalam Meningkatkan Kesadaran Siswa pada Isu-Isu Lingkungan Madrasah di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Ulfatun Nadhifah, NIM 126209203119, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani. M.M.,M.Pd. Kata Kunci: Kesadaran, Peran Guru, Isu-Isu Lingkungan Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengkaji peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan di MTsN 5 Tulungagung. Isu-isu lingkungan merupakan topik penting dalam pendidikan modern yang dikarenakan relavansinya dengan keberlanjutan dalam ekosistem dan kualitas hidup manusia. Guru IPS memiliki strategis dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian lingkungan melalui kolaborasi antar pihak sekolah dan peran guru sebagai inovator. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana peran gutu IPS dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan di MTsN 5 Tulungagung, 2) Bagaimana strategi yang digunakan guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu llingkungan di MTsN 5 Tulungagung, 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan di MTsN 5 Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan di MTsN 5 Tulungagung, 2) Untuk mengetahui strategi apa yang digunakan guru IPS dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan di MTsN 5 Tulungagung, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang obyek yang sedang diteliti, wawancara tersendiri digunakan untuk mengetahui atau menemukan permasalahan secara terbuka di MTsN 5 Tulungagung. sedangkan dokumentasi tersendiri digunakan untuk mengumpulkan data-data dengan cara menyelidiki dokumen-dokumen yang telah ada dan merupakan tempat untuk menyiapkan sejumlah data agar peneliti mendapat informasi secara maksimal yang dapat menggambarkan kondisi obyek yang diteliti dengan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran guru IPS dalam meningkakan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan di MTsN 5 Tulungagung dengan menggunakan metode yang pertama: penguatan nilai dan karakter seprti; nilai tanggung jawab, nilai kepedulian dan empati, nilai kedispilinan, dan nilai gotong royong. Kemudian metode kedua merupakan strategi pengajaran yang interaktif. Strategi yang digunakan guru IPS dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan di MTsN 5 Tulungagung yaitu: strategi guru IPS sebagai inovator dan berkolaaaborasi antar pihak sekolah. Faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam meningkatkan kesadaran siswa pada isu-isu lingkungan di MTsN 5 Tulungagung faktor pendukungnya yaitu: adanya kebijakan sekolah dan berkolabirasu antar guru, sedangkan faktor penghambatnya tersendiri baik dari siswa sendiri maupun faktor internal seperti dari pihak sarana prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209203119 ULFATUN NADHIFAH
Date Deposited: 23 Apr 2025 08:46
Last Modified: 23 Apr 2025 08:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/56776

Actions (login required)

View Item View Item